Padang (ANTARA News) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan dana Rp2,47 miliar untuk peningkatan penerapan teknologi perikanan dan kelautan pada 2012.

Dalam program dengan anggaran bersumber dari APBD 2012 itu akan dilaksanakan dua kegiatan dalam rangka peningkatan penerapan teknologi di bidang kelautan dan perikanan, kata Kepala DKP Sumbar, Yosmeri, di Padang, Rabu.

Dua kegiatan tersebut masing-masing, pertama, operasional dan pengembangan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Provinsi (BBIP) DKP Sumbar dengan biaya dialokasikan Rp1,25 miliar.

Kegiatan ini diarahkan pada pembudayaan perikanan laut di tujuh kabupaten dan kota yakni, Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Bentuk kegiatan dilakukan dengan pembelian induk ikan beserta kebutuhan BBIP, peningkatan sumber daya manusia (SDM) petugas BBIP, keramba, sarana prasarana, dan operasional BBIP.

Kegiatan kedua, operasional dan pengembangan UPTD Balai Benih Ikan (BBI) dengan alokasi anggaran penyelenggaraannya Rp1,35 miliar.

Kegiatan ini dengan sasaran pembudidaya perikanan air tawar di 19 kabupaten dan kota se-Sumbar.

Bentuk kegiatan dilakukan berupa pembelian induk ikan air tawar beserta kebutuhan BBI, peningkatan SDM pada BBI yang ada di Sumbar serta pembiayaan operasional BBI, tambahnya.

(H014/A027)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012