Dublin (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Badan Obat-obatan Irlandia (IMB), Rabu, mengeluarkan peringatan yang berisi anjuran kepada masyarakat untuk membuang obat pelangsing yang dibeli di dunia maya dan mengandung bahan ilegal.

IMB mengeluarkan pesan pencegahan mengenai bahaya kesehatan dari pengguaan produk pelangsing yang mengandung zat Sibutramine.

Badan tersebut memperingatkan konsumen untuk tidak membeli produk pelangsing ilegal yang tersedia di dunia maya, karena Sibutramine ditemukan pada banyak produk tersebut.

Sibutramine ditarik dari penggunaannya sebagai obat di Irlandia dan seluruh Uni Eropa pada awal 2010 karena zat tersebut ditengarai meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Zat tersebut juga dapat berinteraksi dengan obat lain yang dikonsumsi seseorang.

IMB mengeluarkan daftar 38 produk pelangsing di dunia maya yang masih mengandung bahan berbahaya tersebut, beberapa di antaranya tidak dicantumkan di kemasan.

Konsumen disarankan untuk berhenti mengonsumsi produk tersebut secepatnya dan menghubungi dokter mereka.

IMB mengatakan bahwa mungkin sejumlah produk juga mengandung bahan tambahan tapi tidak disebutkan.

Dua di antara produk itu ditemukan mengandung phenolphthalein, obat pencahar yang tidak dibolehkan dalam dunia kesehatan karena potensinya sebagai penyebab kanker.

Badan kesehatan lain, termasuk lembaga di Inggris, Swedia, Kanada, Australia, Hong Kong, dan Amerika Serikat juga menyoroti bahaya produk yang mengandung Sibutramine dan mengeluarkan peringatan yang sama.

(D017/C/C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012