Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video beredar di berbagai media sosial, yang mencatut nama Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof Dr Ir Hardinsyah, MS. 

Dalam video tersebut, diklaim obat penurun berat badan tersebut telah teruji dan didukung oleh banyak tokoh ternama, contohnya Okky Lukman.

Berikut pernyataan narator dalam video tersebut:

“Halo, saya ahli gizi Ir. Hardinsyah, dan tujuan saya adalah untuk membantu Anda mendapatkan tubuh langsung dan menarik yang Anda impikan. Metodologi saya telah teruji dan didukung oleh banyak tokoh terkenal yang telah mencapai hasil yang mengesankan. Misalnya, Okky Lukman yang telah menjadi duta formula saya. Dengan menggunakan formula unik saya, Anda bisa berhasil menghilangkan berat badan berlebih untuk selamanya, tanpa harus melakukan diet yang melelahkan dan latihan yang membosankan.”

Namun, benarkah Professor Gizi IPB rekomendasikan obat pelangsing tersebut?

Unggahan video hoaks yang menyatakan Prof. Hardinsyah merekomendasikan obat penurun berat badan. Faktanya, video tersebut diedit video aslinya merupakan video pembelajaran pengantar kuliah pangan pada 2019 lalu. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video Prof Dr Ir Hardinsyah, MS ditemukan serupa di YouTube pada 2019 lalu yang berjudul “Video Kuliah minggu VII Pengantar Ilmu Pertanian oleh Prof. Hardinsyah”.

Selain itu, dilansir dari Detik, Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, memastikan iklan brand obat pelangsing OPTI FIT yang mencatut namanya adalah hoax.

"Pelaku mempromosikan foto wajah Prof Dr Ir Hardinsyah MS, menggunakan berbagai jenis baju yang bisa berbicara bagaikan video promosi, merekomendasikan penggunaan obat pelangsing dengan teks yang kami copy dari laman Facebook seperti terlampir yang sesungguhnya tidak benar," ujar Prof Hardinsyah.

Pihaknya juga sudah melaporkan ke Humas IPB terkait promosi ilegal yang dilakukan brand tersebut.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan Professor Gizi IPB merekomendasikan obat pelangsing merupakan hoaks. Faktanya, video tersebut diedit dan diberi narasi yang tidak sesuai.

Klaim: Professor Gizi IPB rekomendasikan obat pelangsing

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video Menteri Kesehatan promosikan produk pelangsing

Cek fakta: Waspada! Modus penipuan pemberhentian kepesertaan BPJS Kesehatan

Baca juga: Obat pelangsing bisa sebabkan hipertensi paru


Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023