Amlapura (ANTARA) - Bupati Karangasem, Bali, I Gede Dana, menekankan pada masyarakat pentingnya memaknai konsep Trisakti Bung Karno dalam perayaan Bulan Bung Karno IV di daerah setempat yang berlangsung selama satu bulan, dari 1-30 Juni 2022.

"Perayaan bulan Bung Karno yang berlangsung selama satu bulan ini juga disinkronkan dengan perayaan HUT Kota Amlapura yang jatuh pada 22 Juni," kata Gede Dana dalam keterangan tertulisnya di Amlapura, Karangasem, Kamis.

Baca juga: Pemkot berupaya lestarikan sejarah Bung Karno di Mojokerto

Menurut dia, inti peringatan bulan Bung Karno yakni mengingat dan memaknai perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia itu.

"Bung Karno mengajarkan kepada generasi muda tentang konsep Trisakti Bung Karno, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," ujarnya.

Gede Dana berpandangan konsep Trisakti Bung Karno tidak akan pernah lekang dimakan zaman, dan inspirasi Bung Karno ini selalu hidup dari masa ke masa.

Pembukaan Bulan Bung Karno IV yang sekaligus dipadukan dengan perayaan HUT Kota Amlapura sebelumnya dipusatkan di Lapangan Budaya Chandra Buana, Amlapura, pada Rabu (1/6) malam.

Pembukaan peringatan bulan Bung Karno tersebut berlangsung meriah dengan kehadiran Wayang Ceng Blong dan sejumlah artis Pop Bali yang turut mengisi acara pembukaan.

"Perayaan bulan Bung Karno kali ini adalah yang paling meriah dari tahun sebelumnya, karena saat ini sudah masa transisi dari pandemi COVID-19 ke endemi. Saat ini di Kabupaten Karangasem sudah sangat melandai dan nyaris sudah tidak ada kasus baru lagi," ucapnya.

Oleh karena itu, kegiatan perayaan bisa dilaksanakan secara normal seperti tahun sebelumnya sebelum masa pandemi.

"Kami hadirkan hiburan rakyat untuk masyarakat Karangasem. Selain itu kami juga menghadirkan stan kuliner dan UMKM. Karena konsep Bung Karno ini 'kan membagikan dari masyarakat kecil," ujar Gede Dana.

Ke depannya, dalam perayaan bulan Bung Karno yang berlangsung selama sebulan penuh itu, seluruh acara akan dilaksanakan di Lapangan Budaya Candra Buana, Amlapura.

Baca juga: Wayan Koster: Peringatan Bulan Bung Karno mengarusutamakan Pancasila
Baca juga: Ganjar menggelar kegiatan sebulan penuh peringati Hari Lahir Pancasila
Baca juga: Mahfud MD: Pancasila adalah kesepakatan luhur bangsa Indonesia

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022