Ke-17 hotspot tersebar di Kabupaten Kutai Timur 7 titik, Kutai Kartanegara ada 6 titik, Berau 3 titik, dan Kabupaten Kutai Barat ada 1 titik panas.
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan kembali mendeteksi adanya 17 titik panas (hotspot) yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, setelah hari sebelumnya terdeteksi 45 hotspot di titik koordinat berbeda.

“Ada 45 hotspot terpantau hari ini mulai pukul 13.00 hingga 17.00 wita dan telah kami informasikan kepada instansi terkait baik di Kaltim maupun kabupaten/kota,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Kamis.

Instansi yang langsung diberi informasi mengenai adanya titik panas tersebut terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing daerah, agar mereka dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk penanganannya.

Sehari sebelumnya terdeteksi 45 hotspot yang tersebar pada lima kabupaten di Kaltim dan langsung diinformasikan ke BPBD setempat, sehingga titik panas tersebut sudah hilang, sedangkan 17 hotspot yang terdeteksi hari ini merupakan hotspot di titik berbeda meski ada yang pada kabupaten dan kecamatan yang sama.

Ke-17 hotspot yang terdeteksi hari ini tersebar di empat kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 titik, Kutai Kartanegara ada 6 titik, Berau 3 titik, dan Kabupaten Kutai Barat ada 1 titik panas.

Rincian per kabupaten adalah sebaran 7 hotspot di Kutai Timur itu berada pada empat kecamatan yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni di Kecamatan Bengalon terdapat empat hotspot.

Kemudian, lanjut Iwan, di Kecamatan Kaubun ada satu hotspot, Kecamatan Kombeng terdapat satu hotspot, dan Kecamatan Telen terdeteksi satu hotspot pada titik koordinat 116.7519 bujur - 0.8689 lintang.

Untuk enam hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara, rinciannya adalah di Kecamatan Samboja ada dua titik, Muara Wis, Muara Kaman, Anggana, dan Kecamatan Loa Janan masing-masing terpantau satu hotspot.

Berikutnya adalah satu hotspot di Kabupaten Kutai Barat berada di Kecamatan Nyuatan, dan tiga hotspot di Kabupaten Berau terdeteksi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tabalar, Pulau Derawan, dan Kecamatan Segah," kata Iwan.
Baca juga: BMKG deteksi 45 titik panas di Kaltim
Baca juga: Disbun Kaltim bentuk Kelompok Tani Peduli Api antisipasi karhutla
Baca juga: Perusahaan di Kaltim gunakan drone pantau titik api karhutla

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022