Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta peningkatan kebersihan desa wisata di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kubah Basirih di Banjarmasin Barat, Jumat. Desa Wisata Kubah Basirih masuk 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf memberikan bantuan tempat sampah bagi Desa Wisata Kubah Basirih yang merupakan tempat wisata religi ziarah makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, lebih dikenal Habib Basirih, yang wafat pada 1949.

Tong sampah yang diberikan Kemenparekraf untuk Desa Wisata Kubah Basirih tersebut bagian dari program CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Enviromental Sustainability).

Baca juga: Desa Wisata Kemenparekraf ciptakan peluang kerja bagi 1,7 juta orang

Menparekraf Sandiaga Uno merasa senang biasa mengunjungi Desa Wisata Kubah Basirih yang menurutnya memiliki sensasi tersendiri, selain ada wisata religi makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, juga ada pemandangan wisata susur sungai Martapura.

Menurut dia, Desa Kubah Basirih Banjarmasin masuk 50 besar dalam ADWI 2022 dari seleksi 3.419 desa wisata di  34 provinsi di Indonesia, sehingga dirinya ingin melihat langsung.

Baginya, Desa Wisata Kubah Basirih harus dikunjungi, tidak hanya untuk berziarah dan keindahan alamnya, namun juga banyak ekonomi kreatif di daerah tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno pun menyempatkan diri berziarah ke makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, yang diziarahi ratusan ribu orang setiap tahunnya.

"Semasa hidupnya habib banyak memberikan ilmu, beliau pergi pun menghadap sang Illahi tetap memberikan berkahnya kepada kita," ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Ini daftar desa-desa wisata penerima penghargaan ADWI 2021

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022