Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,  dan mantan pebulutangkis Indonesia, Greysia Polii, menghadiri gelar Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kota Banjarmasin di Duta Mal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa, guna memberikan motivasi kepada wirausaha kreatif di daerah ini.

Sandi, didampingi Grace berkolaborasi memberikan motivasi dan berdialog langsung dengan para wirausaha kreatif di acara sekaligus peninjauan workshop peserta AKI Sentral Workshop Rumah Kreatif dan Pintar tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Sandi menyampaikan, Banjarmasin merupakan salah satu dari 16 kota di Indonesia yang dipilih kegiatan AKI. Kegiatan ini untuk membangkitkan ekonomi yang masih sulit karena dampak pandemi COVID-19.

Menurut dia,  AKI sebagai salah satu solusi untuk memberikan tempat bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kreatif  bisa naik kelas.

Pada tahun ini dari Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif tersebut bisa mencetak 1,1 juta lapangan kerja. "Target 4,4 juta lapangan kerja pada 2024," katanya.

Sandi menyatakan, pihaknya berupaya terus membangkitkan UMKM agar bisa lebih kreatif, hingga banyak program yang ditawarkan. Sebab,  sektor UMKM ini menyumbang sebanyak 27 juta lapangan kerja, hingga pengaruhnya sangat besar sekali bagi kebangkitan ekonomi nasional.

Dia menyampaikan, kegiatan AKI di Banjarmasin sangat luar biasa dengan mentor salah satu peraih medali emas bulutangkis ganda putri Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii.

Menurut Sandi, Grace tidak hanya berprestasi di olahraga bulu tangkis Internasional, namun juga bisa membina usaha sepatu lokal, hingga bisa maju.

"Dengan adanya Grace memberikan motivasi dan pengalamannya,  semoga UMKM di kota ini bisa lebih maju dan naik kelas," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf: Inovasi pelaku ekraf wujudkan 1,1 juta lapangan pekerjaan
Baca juga: Sandiaga targetkan 10 ribu pelaku ekraf daftar Program AKI 2022
Menparekraf RI Sandiaga Uno dan Mantan Pebulutangkis Indonesia Greysia Polii saat berkolaborasi di gelar Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kota Banjarmasin di Duta Mal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa. (12/7/2022). Antara/Sukarli

Pewarta: Sukarli
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022