Brasilia (ANTARA) - Pemerintah Brasil berencana menyetujui pemberian vaksin COVID-19 dosis penguat (booster) kedua untuk warga berusia 50 tahun ke atas, kata Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga pada Kamis (2/6).

"Dosis booster kedua telah diizinkan bagi warga berusia lebih dari 60 tahun (pada Mei), dan akan diperluas untuk warga berusia 50 tahun ke atas," urai Queiroga dari Brasilia kepada awak media. Dia menambahkan bahwa rinciannya akan dirilis dalam catatan teknis beberapa jam ke depan.

Dalam menyetujui dosis booster kedua ini, Kementerian Kesehatan Brasil merekomendasikan bahwa dosis tersebut diberikan empat bulan setelah booster pertama.

Keputusan ini muncul saat negara Amerika Selatan itu mencatatkan kenaikan jumlah kasus, kematian dan pasien rawat inap terkait COVID-19, sementara negara-negara bagian dan kota kembali meminta warga memakai masker di ruangan tertutup.

Hingga saat ini, sebanyak 166,1 juta orang di Brasil, atau 77,4 persen populasi negara tersebut, telah menerima vaksinasi lengkap, sementara hampir 93 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis booster dan 3,5 juta telah disuntik dua dosis booster. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022