Jakarta (ANTARA) - Menjelang masa liburan, lima destinasi super prioritas Indonesia yakni Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang menawarkan pesona tersendiri.
 
Menurut catatan aplikasi perjalanan dan gaya hidup Traveloka, lima destinasi super prioritas di Indonesia mengalami lonjakan minat kunjungan. Salah satunya Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan wisata candinya menjadi destinasi domestik paling favorit pengguna selama periode April - Mei tahun ini.

Berikut ulasan lima destinasi super prioritas Indonesia dikutip dari siaran pers Traveloka pada Jumat:

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata alternatif di Lombok dan Bali

Baca juga: Enam rekomendasi acara dunia untuk berwisata sepanjang 2022


1. Candi Borobudur, Jawa Tengah
Candi Buddha terbesar di dunia ini dibangun pada masa Dinasti Sailendra, yakni antara 780-840 SM. Terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur juga menjadi lokasi peringatan Hari Raya Waisak secara nasional dengan kegiatan menerbangkan lampion saat malam hari sebagai salah satu daya tariknya. Oleh karena itu,

Candi Borobudur memiliki pesona tersendiri yang membuat wisatawan ingin kembali lagi menjelajahi keindahan Candi Borobudur yang ikonik dan bersejarah ini.
Traveler dapat datang ke Candi Borobudur pada pagi hari ketika matahari masih belum terlalu terik. Namun, jam buka candi dapat berubah-ubah, jadi traveler wajib memastikan terlebih dahulu dan memesan tiket di Traveloka Xperience Candi Borobudur dikelilingi tempat wisata alam. Kalau kamu sanggup bangun pagi, kamu
bisa ikut tur melihat sunrise (matahari terbit) dengan siluet Candi Borobudur di Punthuk Setumbu.

Jika Anda menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa menjajal rafting di Sungai Elo. Sementara bagi pemburu spot foto berlatar hamparan sawah hijau nan unik, Anda bisa ke Svargabumi. Sekitar 3 - 4 kilometer dari Candi Borobudur, terdapat beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi jika ingin menginap dan mencoba aneka paket wisata lainnya, di antaranya Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Wanurejo, dan Desa Wisata Candirejo.
 
Puluhan kapal tradisional bersandar di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/12/2019). Kawasan Pantai Kuta Mandalika yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut menjadi salah satu wisata destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)


2. Mandalika, Nusa Tenggara Barat
Nama Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, semakin dikenal berkat ajang MotoGP Mandalika 2022. Umumnya, wisatawan bisa mengunjungi bukit di sekitar Sirkuit Mandalika atau bersantai di banyak pantai.

Pantai Kuta Lombok jadi salah satu tempat wisata yang wajib didatangi karena pasirnya yang terlihat mirip butiran merica. Anda juga bisa ke Pantai Tanjung Aan yang airnya bergradasi warna biru dan Pantai Seger yang sudah cukup dikenal.

Selama berada di kabupaten ini, ketahui lebih jauh budaya masyarakat setempat dengan mengunjungi berbagai desa wisata, di antaranya Desa Sade dan Desa Sukarara. Anda bisa mengetahui lebih jauh soal suku sasak serta rumah tradisionalnya yang beratap tumbuh-tumbuhan, sekaligus belajar menenun.
 
Ilustrasi - Kapal-kapal wisata yang berlabu perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Bara, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)


3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menawarkan pengalaman melihat kadal raksasa di habitat aslinya.

Traveler bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo, termasuk Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Meski sudah didampingi pemandu, Anda harus tetap waspada karena komodo adalah hewan karnivora yang kecepatan larinya hingga 18 kilometer per jam.

Baca juga: Tujuh destinasi untuk "healing" di Jabodetabek

Bila mencari lokasi cantik untuk konten media sosial, jangan sampai melewatkan Pulau Padar yang terkenal akan pemandangan perbukitan dan pantai. Pastikan pakai alas kaki yang nyaman sebab kamu harus mendaki hingga ke puncak. Setelah puas menjelajahi daratan Labuan Bajo, kini saatnya menjelajahi perairannya.

Tur kapal phinisi juga tersedia, umumnya sudah termasuk kegiatan snorkeling dan eksplor beberapa pulau.

Pastikan untuk tinggal di hotel atau vila yang nyaman dan juga menawarkan pemandangan indah.
 
Pemandangan Danau Toba dari kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Pardamean Sibisa, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin (22/2/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)


4. Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi dan terbentang di 8 kabupaten Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat, dan Dairi.

Danau kawah (crater lake) terbesar di dunia, menurut Guinness World of Records, ini bisa dinikmati dari beberapa sudut yang berbeda. Kalau kamu ingin melihat keindahan danau dari ketinggian, kamu bisa ke Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, atau Bukit Gajah Bobok.

Apabila tertarik dengan tempat wisata unik, Anda bisa ke Pemandian Air Soda di Desa Parbubu, Tapanuli Utara. Ketika diminum, rasa air di tempat ini mirip rasa soda dan ada buih-buihnya. Selain di Indonesia, tempat wisata sejenis hanya ada di Venezuela, Amerika Selatan.

5. Likupang, Sulawesi Utara
Surga tersembunyi di Sulawesi Utara ini terkenal akan wisata bahari dan wisata alamnya. Tak tanggung-tanggung, Anda akan disuguhkan pemandangan air laut yang biru serta terumbu karang yang menakjubkan.

Pantai Paal dan Pantai Likupang menjadi dua tempat wisata populer yang bisa didatangi. Jika ingin eksplor lebih jauh, kamu bisa menjelajahi sejumlah pulau, meliputi Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pulau Bangka, dan Pulau Talise. Ada pula Pantai Kinunang yang berpasir putih dan berair biru. Sekitar 650 meter dari pantai tersebut, ada Bukit Larata yang memiliki rerumputan hijau dan pas sebagai spot foto.

Dengan merencanakan perjalanan dan wisata ke Destinasi Super Prioritas, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan, tapi sekaligus membantu usaha UMKM di Tanah Air.

Traveloka telah menghadirkan program EPIC Sale dari 31 Mei hingga 6 Juni 2022 yang menawarkan diskon hingga 80 persen untuk beragam layanan mulai dari akomodasi, transportasi, atraksi wisata dan juga Traveloka Eats.

Selama periode libur Lebaran, tepatnya dari April hingga Mei 2022 Traveloka mencatat peningkatan pemesanan Hotel dan Holiday Stays naik dua kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021. Minat konsumen untuk bepergian dan traveling juga terlihat dari besarnya kenaikan pemesanan tiket transportasi yakni tiket kereta api, bus dan shuttle hingga tiket pesawat dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

"Kami melihat minat masyarakat untuk traveling mulai kembali dengan dibukanya beragam destinasi wisata di tanah air termasuk Destinasi Super Prioritas. Banyak dari pengguna Traveloka melakukan perjalanan liburan bersama keluarga atau grup, dan tak sedikit yang bepergian sebagai solo traveler. Antusiasme ini
terefleksi pada meningkatnya jumlah pemesanan akomodasi dan transportasi di Traveloka," kata Shirley Lesmana, CMO Traveloka.

Baca juga: Lima tempat yang bisa dikunjungi saat libur Waisak

Baca juga: Empat kota ini jadi tempat favorit libur lebaran

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Korea Selatan ala ATEEZ

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022