BMKG : gelombang laut perairan Enggano 3 meter

BMKG : gelombang laut perairan Enggano 3 meter

Ombak (FOTO: ANTARA)

Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di perairan Enggano, Bengkulu, mencapai 3 meter meskipun saat ini tingginya sekitar 2,5 meter.

Gelombang laut mencapai tiga meter itu, juga terjadi di perairan Barat Bengkulu yaitu berkisar antara dua hingga tiga meter, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan, angin di wilayah perairan Enggano berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 05-20 knots, sedangkan angin di perairan Bengkulu berhembus dari Barat daya hingga Timur laut dengan kecepatan antara 03-18 knots.

Sedangkan angin di perairan Samudera Hindia Barat Bengkulu berpeluang berhembus dari Barat hingga Barat laut dengan kecepatan antara 05-23 knots, di wilayah itu juga berpeluang turun hujan ringan.

Pada peringatan dini BMKG menyebutkan, gelombang luat antara dua hingga tiga meter itu juga terjadi di Samudera Hindia Barat Enggano, perairtan Barat Lampung hingga Selatn Sunda.

Dari citra satelit cuaca, terlihat adanya pertumbuhan awan dan hujan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, di antaranya Sumatera Barat, Sumatera Selatan, hingga perairan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 36 kilometer per jam atau berkisar antara 03 - 20 knots.

Cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berpeluang turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udaranya berkisar 23031 derajat celcius dan kelembaban antara 65-97 perrsen.

Namun ddi dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan dan kabupaten Kaur hanya berawan, sedangkan suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 65-96 persen, jelasnya.
(T.Z005/Y006)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012

BPBD Jember waspadai gelombang tinggi di laut selatan Jawa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar