Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib menemukan momen kebangkitan dengan mengalahkan PSMS Medan 3-1 (0-0) pada lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2011-2012 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Senin.

Striker mungil Aliyudin membuka kemenangan Persib dengan mencetak gol pada menit ke-56 atau pada saat pertandingan babak kedua baru berlangsung 15 detik. Sedangkan gol kedua dicetak bek Abanda Herman melalui tandukan memanfaatkan tembakan bebas Miljan Radovic menit ke-52.

Gol ketiga Persib dicetak striker asal Ghana, Moses Sakyi yang turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-89.

Sementara itu gol balasan Tim Ayam Kinantan dicetak oleh striker Ikpefua Osas Mervellous Saha menit ke 69 memanfaatkan umpan Wawan Widiantoro.

Penampilan Persib pada babak kedua merupakan kebalikan dari laga babak pertama yang tampil buruk. Duet Airlangga dan Aliyudin langsung menggebrak.

Pada babak pertama, tim Persib tampil buruk. Setelah menggebrak dalam 10 menit pertama, selanjutnya tim asuhan Drago Mamic mendapat tekanan dari pasukan "Ayam Kinantan" yang dimotori duet Korea Choi
Dong Soo dan Inkyun Oh.

Bahkan kiper Yendri Pitoy harus jatuh bangun menghalau bola tembakan penyerang PSMS. Tercatat mantan kiper Persipura itu melakukan empat kali penyelamatan, termasuk tembakan Zulkarnain yang memanfaatkan bola blunder kapten tim Persib Maman Abdurahman.

Pelatih Persib, membangkucadangkan striker asal Ghana, Moses Sakyi dan mengganti dengan Aliyudin. Namun sepanjang babak pertama tim Maung Bandung itu hanya mendapat satu peluang emas melalui Airlangga. Persib juga tidak diperkuat Zulkifli Syukur yang terkena akumulasi kartu kuning.

Pertandingan yang dipimpin wasit Iwan Sukoco dari Malang itu berlangsung dalam tempo sedang. Gebrakan-gebrakan tim Medan membuat bobotoh Persib berdebar-debar sepanjang babak pertama menyusul tidak ada kebangkitan dari tim Maung Bandung.

Namun, tanda kemenangan langsung ditunjukkan penyerang Persib. 15 detik setelah kick off babak kedua Airlangga yang melakukan drible mengirim bola ke sektor tengah yang disambut oleh Aliyudin yang lepas
dari kawalan Sasa Zevecevic.

Dengan sekali kontrol, tembakan kaki kanan mantan striker Persija Jakarta itu melesak ke sektor kanan gawang PSMS yang dikawal Markus Horison.

Gol kedua Persib tidak lepas dari ketidaksiapan lini belakang PSMS yang sempat ditinggal bek Sasa Zecevic yang sempat kembali ke ruang ganti. Namun saat masuk, ia harus berjibaku dengan Abanda Herman yang menyongsong tembakan bebas Miljan Radovic.

Markus Horison yang juga mantan kiper Persib Bandung terpaksa harus memungut bola untuk kedua kalinya dari jala PSMS Medan.

Ketinggalan 2-0, PSMS mengembangkan serangan-serangan balik.Pelatih Raja Isa memasukan Sulaiman Alamsyah menggantikan Anton Samba untuk memperkuat lini tengah.

Strategi serangan balik membuahkan hasil, striker Marvellous Saha menyambut umpan Wawan, dengan tembakan voli mengoyak gawang Persib yang dikawal Yendri Pitoy.

Pergantian pemain dilakukan kedua tim pada 10 menit terakhir. Persib memasukan Atep dan Moses Sakyi menggantikan Miljan Radovic dan Airlangga. Sedangkan pelatih Raja Isa menarik Alejandro Pena.

Keputusan Pelatih Drago Mamic memasukan Moses, striker Ghana itu menjawab kepercayaan melalui gol pertamanya menit ke-89 setelah mengelabui dua bek PSMS Medan. Kedudukan 1-3 untuk Persib bertahan
hingga akhir babak kedua.

Wasit Iwan Sukoco mengeluarkan kartu kuning kepada Hariono (Persib), Sasa Zecevic (PSMS).

Susunan pemain Persib: Yendri Pitoy (kiper), Maman Abdurahman, Abanda Herman, M Nasuha, Jajang Sukmara, Hariono, Tonny Sucipto, Miljan Radovic/Hendra Ridwan, M Ilham, Aliyudin/Atep, Airlangga/MosesSakyi.

PSMS: Markus Horison (kiper), Sasa Zasevic, Novi Handriawan, Rahmad, Wawan Widiantoro, Zulkarnain, Anton Samba/Sulaiman Alamsyah, Choi Dong Soo, Inkyun Oh, Luis Alejandro Pena/Yoseph Nico Ostanika, Ikpepafua Osas Marvelous Saha.

(U.S033/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012