Jakarta (ANTARA News) - Australia memberikan apresiasi yang tinggi dan menyambut baik peran maupun sumbangsih Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa dalam mendorong perubahan di Myanmar berikut peran besar Indonesia dalam mengembangkan kerjasama Asia Timur.

Hal itu disampaikan Kevin Rudd, Menlu Australia saat melakukan jumpa pers bersama Menlu RI Marty Natalegawa di gedung Pancasila, Senin, demikian Direktur Informasi dan Media, PLE Priatna, menyampaikan rilisnya kepada Antara, Selasa.

Dikatakannya bagi Australia hubungan dengan Indonesia adalah hubungan yang sangat penting, tidak hanya bagi perdagangan, investasi, penyediaan lapangan kerja di kedua negara, tapi juga bagi kerjasama pemberantasan terorisme dan penyelundupan manusia.

Australia dan Indonesia bersama-sama menciptakan kawasan yang siap dan wilayah yang lebih baik dari tahun sebelumnya, ujar Menlu Australia menegaskan eratnya hubungan kedua negara.

Sementara itu Menlu RI Marty Natalegawa menggarisbawahi upaya yang dilakukan bersama dalam upaya pencegahan penyelundupan manusia, perlunya dijabarkan arus (flow charts) untuk mencegah dan menangani tantangannya. Indonesia sebagai Negara transit dan Australia sebagai negara tujuan penyelundupan manusia.

Menteri Luar Negeri Australia, Kevin Rudd melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa di Gedung Pancasila-Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin .

Kevin Rudd adalah Menteri Luar Negeri Australia yang menjadi tamu pertama Menlu Marty di tahun 2012 ini. Kevin Rudd didampingi oleh Patrick Gorman (Penasehat), Duta Besar James Larsen (Dubes Urusan Isu Penyelundupan Manusia), Tom Connor (Pejabat Kemlu Australia Urusan Isu Regional Indonesia dan East Timor Branch). (ZG).



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012