Serang (ANTARA News) - Satu hari menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih pada Rabu (11/1), Pemprov Banten kembali melakukan perombakan 280 pejabat eselon III dan IV di Serang, Selasa.

Tiga hari sebelumnya Pemprov Banten juga melantik 18 pejabat eselon II dilingkungan Setda Provinsi Banten. Pelantikan 280 pejabat eselon III dan IV serta 18 pejabat eselon II dilakukan oleh wakil Gubernur Banten HM Masduki.

Wakil Gubernur Banten HM Masduki dalam sambutannya mengatakan, pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemprov Banten merupakan upaya untuk efektifitas dan efisiensi organisasi pemerintah Provinsi Banten. Sehingga dapat melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan di Banten dengan lebih baik, terutama dalam memulai pelaksanaan APBD 2012.

"Mutasi pejabat ini tidak semata untuk mengubah komposisi pejabat atas dasar penyegaran semata. Tapi juga mengacu pada evaluasi kinerja para pejabat dalam melaksanakan amanah yang diemban serta didasarkan pada kebutuhan organisasi," kata Masduki.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi mengatakan, pelantikan pejabat eselon II, III dan IV tersebut, tidak ada kaitannya dengan pelantik Gubernur dan wakil Gubernur Banten 2012-2017 yang akan berlangsung Rabu, (11/1). Namun, mutasi tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari dalam rangka percepatan pelaksanaan APBD tahun 2012 yang sudah ditetapkan.

Sebab, kata dia, pejabat yang dilantik tersebut merupakan pejabat yang akan menjalankan program APBD.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Opar Sohari menjelaskan, dari 280 pejabat eselon III dan IV itu terdiri 62 pejabat eselon III dan 218 pejabat eselon IV.

"Sebagian besar yang dilantik tersebut, promosi dari staf biasa menjadi pejabat eselon IV," kata Opar.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012