prokes diterapkan meski sudah melandai COVID-19 nya
Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim berpesan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Prokes tetap dipakai agar dalam menjalankan ibadah yang istimewa ini aman dan berjalan lancar, diberikan sehat serta mampu," katanya, saat melepas JCH Kloter Pertama Lampung, di Asrama Haji, Bandarlampung, Minggu malam.

Ia pun mengatakan bahwa meskipun pandemi COVID-19 telah melandai dan situasinya mulai longgar dan ringan bukan berarti virusnya sudah tidak ada sama sekali.

"Maka saya meminta kepada para JCH untuk memelihara kesehatannya masing-masing dan prokes diterapkan meski sudah melandai COVID-19 nya," kata dia.

Kemudian, Wagub pun meminta agar para JCH untuk dapat mengatur jadwal ibadahnya di Tanah Suci dan menghemat energinya dengan baik. Sebab situasinya di sana akan sedikit panas, yang bisa mengakibatkan energi cepat terkuras.

"Ditakutkan karena semangatnya, apalagi ini haji pertama setelah dua tahun tertunda para JCH melaksanakan semua sunah-sunahnya, karena kan sunahnya banyak sekali, nah kemudian energi habis saat melaksanakan ibadah wajibnya, maka ini harus berhati-hati," katanya.

Baca juga: Jamaah diingatkan tetap waspada selama beribadah di Masjid Nabawi
Baca juga: Kemenag Lampung harap JCH jaga kesehatan sebelum keberangkatan

Ia pun meminta agar ketua rombongan haji selalu mengingatkan dan mengatur jadwal dengan baik serta selalu memastikan kondisi tubuh JCH dalam keadaan prima.

"Haji tahun ini merupakan ibadah yang istimewa karena kuotanya separuh dari biasanya. Jadi ini sudah sangat istimewa maka pastikan semua terjaga dengan baik, dan semoga JCH dapat beribadah dengan khusyu, jaga nama baik Indonesia dan Lampung kemudian selalu dengar dan patuhi petugas haji," kata dia.

Pada keberangkatan JCH kloter pertama dari Lampung terdapat 393 Jamaah termasuk di dalamnya dua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan dua tenaga kesehatan. Sedangkan secara keseluruhan pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini Lampung mendapatkan kuota sebanyak 3.198 orang.

Baca juga: Petugas KKP Panjang sita sejumlah makanan JCH

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022