Jakarta (ANTARA) - Software POS (point of sale) atau aplikasi kasir merupakan sistem yang mampu menghadirkan berbagai solusi atas kebutuhan para pebisnis. Khususnya bagi anda yang menjalankan UMKM, dan ingin membuat bisnis lebih profesional dengan budget terjangkau. Adapun yang akan diperoleh bisnis ketika menggunakan aplikasi kasir pintar yaitu sebagai berikut.

Hal yang Diperoleh dari Aplikasi Kasir

1. Digitalisasi Bisnis

Hal utama yang akan anda peroleh ketika menggunakan aplikasi kasir yaitu digitalisasi bisnis. Sebab era modern seperti sekarang memang menuntut semuanya serba digital. Jadi bisnis anda bisa terlihat lebih profesional dan dapat menggaet banyak pelanggan dengan adanya digitalisasi tersebut.

Contohnya untuk pemilik usaha restoran, aplikasi kasir sangat efektif dalam membuat inovasi buku digital menu. Sehingga pelanggan dapat mengetahui ketersediaan menu dan melakukan pemesanan dengan mudah. Bahkan dengan ini customer bisa melunasi transaksi menggunakan pembayaran non-tunai yang anti ribet serta mampu mengeliminasi antrian.

2. Catat Transaksi Secara Online Maupun Offline

Penggunaan aplikasi kasir pintar membuat bisnis anda tidak hanya berpusat pada penjualan offline. Karena digitalisasi bisnis bisa membantu anda lebih mudah dalam menerima pesanan, baik secara offline maupun online. Dimana transaksi online sendiri kini memang marak dilakukan masyarakat dan menjadi trend tersendiri.

Tentu mengakomodasi kebutuhan tersebut akan membantu anda memikat banyak konsumen. Menariknya lagi setiap transaksi akan tercatat secara otomatis pada sistem. Jadi meskipun anda sedang tidak tersambung ke jaringan, namun pengelolaan data keuangan serta aktivitas bisnis lainnya masih dapat dipantau.

3. Bisa Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, digitalisasi bisnis dengan penjualan secara offline maupun online membuat anda dapat menerima pembayaran non-tunai. Hal tersebut sangat mungkin dengan adanya sistem POS. Karena selain pembayaran tunai, metode pembayaran non-tunai kini banyak diandalkan oleh masyarakat sebab dinilai lebih praktis.

Dan perlu diketahui bahwa metode pembayaran non-tunai sendiri ada bermacam macam. Menggunakan aplikasi kasir pintar memungkinkan anda untuk menerima berbagai metode pembayaran tersebut. Seperti pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit, sampai menggunakan e-wallet layaknya OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, dan lain sebagainya.

4. Data Penjualan yang Tersimpan dengan Aman

Pencatatan secara otomatis setiap terjadinya transaksi membuat data data penjualan pada bisnis anda akan tersimpan dengan aman. Anda tidak perlu lagi khawatir perihal faktor human error yang mengakibatkan kesalahan penghitungan pada laporan keuangan. Apalagi dengan kecurangan dari karyawan anda sendiri.

Sebab pencatatan otomatis membuat data tersimpan secara real time. Hal ini membuat laporan keuangan yang dihasilkan memiliki informasi yang akurat dan valid. Sehingga laporan keuangan nantinya bisa anda gunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk strategi bisnis ke depannya.

5. Manajemen Barang, Pelanggan, dan Supplier Lebih Mudah

Untuk memudahkan transaksi, tentunya semua produk yang dimiliki bisnis harus tercatat dengan jelas dalam satu base yang terintegrasi. Sehingga dapat diketahui dengan mudah apakah produk masih tersedia atau sudah kosong ketika melakukan checking. Pun mengenai bahan baku, supaya pemesanan ke supplier dapat dilakukan tepat waktu.

Menjawab kebutuhan tersebut, aplikasi kasir pintar dapat menghadirkan manajemen barang, pelanggan, serta supplier yang lebih mudah. Dimana pada satu base yang terintegrasi sudah terdapat data pelanggan dan supplier. Karena terdokumentasi dengan jelas, maka anda pun bisa mencarinya pada aplikasi apabila sewaktu waktu dibutuhkan.

Seperti halnya dengan Budi Owner Crapes Signature, mengatakan bahwa selama menggunakan Olsera sangat membantu bisnisnya untuk berkembang. Fitur pada Olsera yang mengutamakan laporan dapat diakses dimanapun dan kapanpun membuat Budi sangat mudah untuk mengecek tanpa perlu ke store lagi. Selain dari harga yang terjangkau, Budi juga sangat merasa terbantu dengan tim support dari Olsera yang selalu siap membantu jika ada kendala.

Ada banyak sekali bukan hal yang bisa diperoleh bisnis ketika menggunakan aplikasi kasir ? Sistem POS memang dapat mempermudah pengelolaan usaha di era modern seperti sekarang, sehingga patut anda pertimbangkan. Salah satunya seperti Olsera POS yang menawarkan fitur lengkap. Seperti apa fitur fiturnya bisa langsung anda cek di website olsera

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022