Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa yang masih menarik untuk disimak pagi ini mulai dari G20 berkomitmen berbagi data dan informasi demi cegah pandemi hingga informasi seputar pelaksanaan haji 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Berikut rangkuman sejumlah berita humaniora pada Rabu:

1. G20 berkomitmen berbagi data dan informasi penyakit demi cegah pandemi

Negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk saling berbagi data dan informasi mengenai persebaran penyakit demi mencegah terjadinya pandemi, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

"Secara prinsip mereka nilai penting, pada pengalaman COVID-19 kita harus shares (berbagi) data. Mereka komitmen sharing (membagikan) data dan informasi," katanya dalam konferensi pers di sela pertemuan kedua Health Working Group G20 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

2. Tulungagung masuk zona kuning wabah PMK

Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur akhirnya masuk zona kuning wabah PMK setelah tim veteriner setempat mengidentifikasi temuan kasus penyakit mulut dan kuku itu pada 48 ekor ternak sapi.

"Penyebarannya ada di enam kecamatan yang menjadi sentra peternakan sapi," kata Bupati Tulungagung Maryotp Birowo di Tulungagung, Selasa.

Kasus PMK ini teridentifikasi di enam kecamatan, yakni di Kecamatan Ngantru, Rejotangan, Gondang, Bandung, Pagerwojo, dan Sendang.

3. Kawasan IKN akan ditanami tumbuhan dari 34 Provinsi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur, Yudha Pranoto menyampaikan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan ditanami tumbuhan dari 34 provinsi di Indonesia.

Kegiatan tersebut, dijelaskan Yudha dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2022 di Kota Balikpapan.

“Pada kegiatan itu masing-masing provinsi membawa flora endemik atau tumbuhan ciri khas dari setiap provinsi yang akan ditanam di kawasan IKN. Kalau sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi, maka kita juga akan menyatukan flora endimik dari 34 provinsi. Ini baru rencana, mudah-mudahan bisa terealisasi,” jelas Yudha Pranoto.

4. Pertemuan keempat W20 bahas seputar advokasi perempuan perdesaan

Pertemuan keempat Women20 (W20) di Kota Manokwari, Papua Barat, 8-9 Juni 2022 fokus membahas seputar advokasi bagi perempuan perdesaan dan perempuan penyandang disabilitas dalam upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif serta akses untuk membangun ketahanan.

Siaran pers XL Axiata yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, dalam pertemuan hybrid yang masih satu rangkaian dengan G20 Presidensi Indonesia ini, akan hadir antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Bintang Puspayoga, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, dan (Pj) Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Paulus Waterpauw, serta Staf Khusus Republik Indonesia untuk inklusi Pemuda dan Disabilitas, Angkie Yudistia.

5. 29.131 calon haji Indonesia dapat layanan "fast track"

Sebanyak 29.131 jamaah calon haji Indonesia mendapatkan layanan jalur cepat (fast track) tanpa perlu mengantre di bandara Arab Saudi pada pelaksanaan ibadah haji 1443H/2022M.

"Tahun ini fast track akan melayani embarkasi dari Jakarta, untuk Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi totalnya 29.131 orang atau 31 persen dari total jamaah," kata Kasi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan PPIH Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara Edayanti Dasril di Madinah, Selasa seperti dikutip dari Media Center Haji.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022