Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyiapkan bantuan guna mendukung penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan sampah, dan pemberdayaan ekonomi warga di Pulau Bertam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Rabu, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bahwa kementerian akan mengupayakan pendirian menara pemancar sinyal guna mendukung penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dari jarak jauh via daring bagi anak-anak di Pulau Bertam dan dua pulau lain di wilayah Batam.

"Sementara saya akan pasang tower (menara pemancar) di tiga pulau. Anak-anak belajar di sekolah cabang yang ditunjuk Pak Wali Kota. Anak-anak sekolah di sini dengan bantuan sarana internet. Itu seperti Suku Anak Dalam di Jambi," katanya saat mengunjungi Pulau Bertam pada Selasa (7/6).

Dia mengapresiasi upaya warga Pulau Bertam dalam menangani sampah dan menyarankan pembentukan koperasi untuk mendukung upaya pengelolaan sampah warga.

"Di tempat lain ada yang namanya bank sampah. Koperasi itu nanti akan membeli sampah plastik, ditimbang, digunakan, dan akan diolah menjadi bahan bakar. Nanti dipakai sendiri untuk kapalnya bapak, ibu sekalian. Bukan untuk dijual," kata dia.

Kementerian Sosial, ia melanjutkan, akan mengirim perwakilan warga pulau ke Jakarta dan Surabaya untuk mempelajari model pengelolaan bank sampah dan pengolahan sampah. 

Selain itu, Menteri Sosial menginstruksikan jajaran pegawai kementerian untuk mendata warga pulau yang layak mendapat bantuan sosial dari pemerintah dan menyiapkan program pemberdayaan ekonomi bagi para ibu di pulau.

"Saya juga akan menurunkan tim untuk memberikan pelatihan bagi para ibu-ibu membuat sesuatu dan kami akan ajarkan bagaimana cara menjualnya," katanya.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengapresiasi dukungan pemerintah pusat terhadap upaya pemerintah provinsi dan pemerintah kota dalam menyediakan fasilitas pelayanan dasar bagi warga yang tinggal di pulau.

"Mudah-mudahan dengan program ini membuat kita lebih baik lagi," kata Marlin Agustina.

Baca juga:
Kemensos bantu sediakan sarana belajar daring di pulau penyangga Batam
Batam berikan penghargaan kepada guru di pulau penyangga

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022