bukan sapi yang dikirim dari luar, yang ini memang sudah digemukkan di Batam
Batam (ANTARA) - Masjid Agung Kota Batam bagikan 800 paket daging kurban hingga ke pulau-pulau penyangga yang ada di Kota Batam pada Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi.

“Kami sediakan 800 paket daging kurban untuk dibagikan, itu kami bagikan ke masyarakat sekitar, untuk pulau terluar itu ada Pulau Panjang,” ujar Ketua Umum Masjid Agung Batam Centre, Raja Azmansyah usai penyembelihan hewan kurban di Batam Kepulauan Riau, Minggu.

Raja mengatakan, 800 paket daging kurban yang dibagikan itu dari 12 hewan kurban yang diterima Masjid Agung.

“Kami ada enam ekor sapi dan enam ekor kambing, dari enam ekor sapi itu salah satunya ada dari Wali Kota Batam sapi jenis limosin dengan berat kurang lebih 600 kilogram,” katanya.

Baca juga: ACT berdayakan warga terdampak pandemi lewat keagenan kurban
Baca juga: Pelindo Terminal Petikemas salurkan 127 hewan kurban

Untuk kesehatan sapi kurban dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Raja sudah memastikan semua sapi sudah mendapatkan sertifikat layak kurban dan diperiksa langsung oleh dokter hewan sebelum penyembelihan.

“Semua hewan ini sudah diperiksa oleh dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam sebelum di sembelih. Alhamdulillah semuanya sudah mendapatkan sertifikat layak kurban dan sapinya juga bukan sapi yang dikirim dari luar, yang ini memang sudah digemukkan di Batam,” ungkapnya.

Selain itu untuk penyaluran daging kurban sendiri, Raja menyebutkan bahwa penyalurannya tidak dibagikan di Masjid Agung melainkan diantarkan ke rumah masing-masing jemaah yang sudah terdaftar.

“Kami antarkan langsung ke penerima dan kami sampaikan kalau daging yang sudah diterima agar langsung dimasak, jangan didiamkan dulu,” ucapnya.

Baca juga: Dompet Dhuafa akan kirim 500 domba ke Gaza

Baca juga: Masyarakat pinggiran agar jadi prioritas penyaluran
Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang potong 16 ekor hewan kurban di kebunhewan kurban


 

 

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022