Indonesia menargetkan kondisi penyerapan bersih di sektor kehutanan dan penggunaan lahan atau FoLU Net Sink dicapai pada 2030 bersama juga target-target tujuan pembangunan berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  Laksmi Dhewanthi mengatakan dalam upaya mencapai target iklim Indonesia membutuhkan kepemimpinan generasi muda, tidak hanya dalam konteks negosiasi perubahan iklim tapi juga untuk mengimplementasikan hasil negosiasi tersebut.

"Upaya untuk bisa mencapai target kedua agenda ini membutuhkan kepemimpinan generasi saat ini dan juga kepemimpinan generasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin untuk berbagai macam agenda-agenda yang saat ini kita laksanakan," katanya saat berbicara dalam diskusi Indonesia Climate Change Expo and Forum 2022​​​​​​​ yang diikuti secara virtual di Jakarta, Rabu

Ia  mengatakan Indonesia menargetkan kondisi penyerapan bersih di sektor kehutanan dan penggunaan lahan atau FoLU Net Sink dicapai pada 2030 bersama juga target-target tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menurut dia kepemimpinan itu diperlukan tidak hanya dalam konteks negosiasi tapi juga dalam melakukan implementasi hasil negosiasi iklim tersebut.

"Kepemimpinan para generasi muda menjadi kunci utama untuk bisa melakukan perubahan pola berpikir, pola sikap, gaya hidup, meninggalkan cara-cara business as usual atau bisnis sebagaimana biasanya dengan memperkuat sains dan tindakan inovatif," katanya.

Ditekankan juga pentingnya kolaborasi semua pihak terkait langkah mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan iklim dan segala dampak-dampaknya. Membangun kesadaran serta semangat kolaborasi seluruh masyarakat juga menjadi kunci untuk menghadapi risiko perubahan iklim.

Diharapkan dalam acara yang digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 itu dapat memperluas informasi dan membangun kesadaran serta semangat kolaborasi seluruh komponen masyarakat untuk menghadapi dampak perubahan iklim, demikian  Laksmi Dhewanthi.

Baca juga: Menteri LHK: Generasi muda berperan sebagai agen perubahan lingkungan

Baca juga: KLHK: Tata kelola lingkungan jadi pijakan Indonesia FoLU Net Sink 2030

Baca juga: Survei temukan generasi muda prioritaskan isu lingkungan

Baca juga: Kekhawatiran generasi muda dan komitmen Indonesia terkait krisis iklim

Baca juga: KLHK-Kemendikbud rancang masukkan isu perubahan iklim di pelajaran

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022