Batam (ANTARA) - Persiapan asrama untuk jamaah calon haji (JCH) melalui embarkasi Batam pada musim haji 2022 sudah mencapai 99 persen kata pejabat di Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, asrama haji sudah hampir selesai, sudah 99 persen untuk tempat tidur juga, kasur juga baru diganti, sarung kasur yang baru, air keran juga hidup semua, dan kadar air sudah layak pakai, kemudian penerangan atau lampu juga sudah diganti semua," kata Plt. Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara di Batam, Rabu.

Tempat menginap JCH sudah disanitasi sebanyak tiga kali oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam dan Dinas Kesehatan setempat.

"Sebagai panitia penyambutan jamaah haji di embarkasi Batam, khususnya asrama haji, KKP maupun Dinas Kesehatan ataupun pihak terkait dengan kesehatan lainnya sudah melakukan sanitasi secara berkala. Hari ini yang ketiga kalinya dilakukan," ujar dia.

Baca juga: Jamaah Calon Haji Embarkasi Batam gunakan maskapai Saudi Airlines

Baca juga: Kemenag Kepri: Cuaca di Arab Saudi capai 47 derajat celsius


Edi menjelaskan kelompok terbang pertama asal embarkasi Batam akan masuk asrama haji pada 14 Juni 2022 sebanyak 446 orang dari Kepri dan mereka akan bertolak ke Arab Saudi pada 15 Juni 2022 sekitar pukul 13.45 WIB.

Namun, JCH dari beberapa kabupaten kota di Kepri akan datang lebih awal, di antaranya pada tanggal 11 Juni 2022 JCH asal Natuna, 13 Juni 2022 asal Anambas dan Lingga, 14 Juni 2022 asal Karimun, Bintan, Tanjungpinang, dan Batam.

"Secara resmi tanggal 14 Juni masuk asrama haji, nanti ada yang duluan dari Natuna tanggal 11 Juni, dari Lingga Anambas 13 Juni, tanggal 14 Juni Karimun, Bintan, Tanjungpinang, Batam," kata Edi.

Pada musim haji 1443 Hijriah, embarkasi Batam akan memberangkatkan sebanyak 5.362 JCH ke Tanah Suci yang tergabung dalam 12 kelompok terbang.*

Baca juga: Pertamina tambah pasokan Avtur untuk penerbangan haji di Batam

Baca juga: Jamaah Calon Haji Kepri jadi Kloter I Embarkasi Batam

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022