Jadi, kinerja yang baik itu juga harus semakin rajin mengurus dapil, makin rajin mengurus kepentingan konstituen.
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, meminta Fraksi PD untuk terus meningkatkan kinerjanya meski evaluasi terhadap anggota DPR RI dari Partai Demokrat pada tahun 2011 relatif cukup bagus.

"Yang paling penting adalah menekankan urgensinya dalam peningkatan kinerja fraksi. Karena kinerja yang baik itu menjadi representasi dari kinerja Partai Demokrat," kata Anas usai menghadiri rapat Fraksi Partai Demokrat di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Mantan anggota DPR RI itu berharap Fraksi Partai Demokrat (PD) pada tahun 2012 kinerjanya makin baik, baik kinerja anggota di masing-masing komisi atau alat kelengkapan Dewan maupun kinerja kolektif Fraksi PD.

Anas mengingatkan bahwa kinerja yang baik itu parameternya tidak hanya terkait dengan tugas-tugas sebagai wakil rakyat di Senayan (DPR RI), tetapi juga tugas pembinaan daerah pemilihan (dapil) dan pembinaan konstituen.

"Jadi, kinerja yang baik itu juga harus semakin rajin mengurus dapil, makin rajin mengurus kepentingan konstituen. Ini merupakan bagian dari akuntabilitas politik yang harus dibangun oleh Fraksi Partai Demokrat," kata Anas.

Terkait dengan suhu politik yang mulai memanas pada tahun 2012 ini, Anas mengatakan bahwa tahun ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk mengoptimalkan naik pangkatnya Indonesia masuk ke investment grade.

"Itu 'kan bukan kesempatan yang main-main, itu kesempatan emas. Oleh karena itu, kalau kita ingin berhasil, seharusnya daya dukung politik harus optimal, dan stabilitas politik harus dijaga bersama-sama," kata Anas menegaskan.

Ia lantas menandaskan maksud dari pernyataannya tersebut adalah stabilitas politik yang demokratis. Hal ini tidak berarti tanpa kritik dan tanpa koreksi, tetapi yang pokok adalah tidak ada kegaduhan dan tidak ada gunjang-ganjing politik.

"Kalau gaduh dan gonjang-ganjing akan lepas begitu saja. Jadi, menurut saya, penting bagi semua partai menjaga stabilitas politik demokrasi," katanya menegaskan.

"Kami," lanjut Anas, "mengetahui persis dalam demokrasi itu ada kritik dan saling kontrol. Akan tetapi, harus dengan takaran yang bisa memastikan secara politik demokrasi kita justru mendukung pertumbuhan ekonomi yang manfaatnya bisa dirasakan oleh rakyat."

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012