Solo (ANTARA News) - Persis Solo berhasil memenuhi ambisinya merebut poin penuh setelah mengalahkan Persitema Temanggung 2-0 pada laga Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2011-2012 di Stadion Manahan Solo, Jateng, Jumat petang.

Disaksikan ratusan penonton, pertandingan ini berjalan seru. Pada babak pertama, tim tuan rumah melakukan serangan dengan garang menguasai permainan.

Andri Siswanto dan kawan-kawan pada babak pertama sering mendapatkan peluang untuk menciptakan gol. Namun, dari tiga peluang, Persis hanya menyarangkan satu gol pada menit 23 melalui kaki Agus Priyanto.

Gol ini berawal dari pemain sayap kanan Handri yang berhasil lolos dari penjagaan pemain belakang Persitema. Handri langsung memberikan bola umpan ke depan gawang Persitema, Agus yang berdiri bebas melakukan tembakan ke arah gawang, dan tidak bisa diantisipasi kiper Persitema Supriyono sehingga kedudukan berubah 1-0.

Persitema yang diasuh pelatih Mushorudin, kemudian meningkatkan tempo permainan untuk mengejar ketinggal gol.

Namun, Persitema yang dimotori Deni Nurdiansyah tersebut seranganya sering digagalkan barisan belakang Persis.

Skor 1-0 untuk Persis bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persis tampil menyerang baik melalui lini tengah maupun pemain sayap kanan Handri yang rajin memberikan umpan silang ke depan gawang lawan.

Peluang Persis terjadi pada menit 76 melalui Yanuar Ruspuspita, yang menggantikan Agus Priyanto. Pemain ini tinggal berhadapan dengan kiper Supriyono, tetapi bolanya berhasil diadang pemain belakang Persitema.

Peluang Persis yang membuahkan gol terjadi pada menit 78 melalui tendangan kaki kanan Puji Widodo. Gol berawal dari tembakan bola mati yang dilakukan oleh Handri, ke depan gawang. Puji sekali sentuh bola langsung melesat merobek gawang Supriyono, sehingga kedudukan menjadi 2-0.

Sebaliknya, Persitema memiliki satu peluang emas di babak kedua, melalui sundulan kepala oleh Idrus Gunawan. Namun, bola Idrus yang memanfaakan dari sepak pojok tersebut hanya beberapa centimeter di atas gawang Dian Rompi, sehingga kedudukan bertahan hingga babak kedua berakhir.

Wasit yang memimpin pertandingan Thoriq Malkatiri (Bandung) dalam pertandingan tersebut menghadiahkan kartu kuning yakni Andi cahyadi dan Iwan Hadi Pratama (Persitema), Andri Siswanto, Agus Priyanto, Puji Widodo ketiganya dari Persis.

Pelatih Persitema Temanggung Mushorudin mengatakan, timnya memang mengadalkan pemain lokal dan baru dipromosikan ke Divisi Utama.

"Kami baru bermain dua kali ini, dan belum pernah melakukan laga uji coba. Namun, anak-anak sudah bermain bagus," katanya.

Pelatih Persis Solo Didik Lestiyantoro mengatakan, timnya mendapat banyak peluang, teta[i hanya dua yang membuahkan gol. Timnya pada 20 menit babak pertama menguasai permainan, sehingga terciptanya gol ke gawang lawan.

Namun, strikernya Diego Mendieta asal Paraguay masih belum menemukan permainan terbaik. Karena, dia masih beradaptasi dengan pemain lainnya.

(U.B018/A030)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012