Kami memprogramkan kegiatan ini terus berlanjut, berkesinambungan dan meningkat sehingga seluruh wilayah di Indonesia benar-benar sehat, bersih dan asri.
Jakarta (ANTARA News) - Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat membagikan sekitar 20 ribu bibit pohon kepada masyarakat DKI Jakarta.

Ke-20 ribu bibit pohon dari 16 jenis tanaman keras dan tanaman buah itu dibagikan kepada masyarakat yang melintas di sebagian jalan RA Fadillah, Jakarta Timur, lokasi tepat di depan Mako Kopassus berada, Sabtu.

Masyarakat baik yang mengendarai kendaraan roda dua dan empat ditawari dan diberikan bibit pohon yang disiapkan di sebagian jalan RA Fadillah.

Masyarakat dapat pula memilih bibit pohon yang diinginkannya, dan membawa lebih dari satu jenis bibit pohon.

Komandan Komando Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberikan penyadaran dan mengajak masyarakat untuk menjadikan Jakarta hijau, bersih dan asri.

"Kesadaran ini harus kita tularkan terus, bahkan sejak usia dini," katanya, sambil meninjau pelaksanaan bagi-bagi pohon tersebut.

Wisnu Bawa menambahkan sebelumnya Kopassus juga telah melakukan kegiatan serupa di Banten (Jawa Barat) dan Merapi (Jawa Tengah).

"Kami memprogramkan kegiatan ini terus berlanjut, berkesinambungan dan meningkat sehingga seluruh wilayah di Indonesia benar-benar sehat, bersih dan asri," katanya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Danjen Kopassus Brigjen TNI Doni Monardo mengatakan khusus untuk wilayah DKI Jakarta pihaknya menyediakan 100 ribu bibit pohon beragam jenis per tahun.

"Itu minimal 100 ribu yang kita siapkan, jika ada permintaan lebih dari itu yang kita tambah," ujarnya menambahkan.

Aksi bagi-bagi bibit pohon itu merupakan implementasi dari program Kopassus "Green, Clean and Healty" yang diluncurkan pada November 2011.

Doni menambahkan progran bagi-bagi bibit pohon itu diprogramkan selama lima tahun sejak Maret 2011 lalu dievaluasi dan dilanjutkan kembali.

Beberapa bibit pohon yang dibagikan antara lain matoa, sukun, rambutan, mangga, jabon sengon, damar, jati dan lainnya.

(R018)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012