tata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah
Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Luwu, Sulsel Muhammad Jufri mengatakan sebanyak 124 warga yang menjadi jamaah calon haji (JCH) akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi pada 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Tahun ini yang memenuhi persyaratan dan sesuai kuota haji sebanyak 124 jamaah. Mereka semua sudah diberikan pembekalan manasik haji," ujarnya melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Rabu.

Muhammad Jufri mengatakan, 124 JCH yang berangkat pada musim haji 2022 lebih sedikit dibandingkan dengan pemberangkatan pada 2019 yang berjumlah 270 orang JCH.

Menurut dia, pengurangan kuota terjadi di seluruh daerah karena kuota haji yang ditetapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga berkurang karena situasi saat ini masih dalam adaptasi pandemi COVID-19.

"Kalau pemberangkatan terakhir itu kan tahun 2019, itu sebanyak 270 jamaah haji. Tahun ini kita hanya dapat kuota 124 dan yang lainnya, harusnya berangkat tahun ini juga banyak tidak memenuhi syarat seperti usia yang sudah di atas 65 tahun," katanya.

Baca juga: Calon haji alami kaki melepuh akibat cuaca panas Arab Saudi
Baca juga: Wali Kota: 93 JCH Tanjungpinang siap berangkat ke Tanah Suci

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Khaeroni yang berkeliling daerah memantau persiapan pemberangkatan jamaah calon haji mengingatkan agar selama di Arab Saudi untuk tetap fokus beribadah dan menjaga kesehatan di tengah meningkatnya cuaca panas saat ini.

"Yang pertama ingin saya sampaikan kepada para jamaah calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, kedua fokus beribadah saja tidak usah berfikir untuk belanja dan belanja," ujarnya.

Khaeroni mengatakan, pemberangkatan jamaah haji Indonesia 1443 H/2022  sudah berlangsung, meskipun kloter awal gelombang pertama kebanyakan didominasi embarkasi dari Indonesia Bagian Barat, Sementara khusus Embarkasi Makassar, pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) baru dimulai pada 17 Juni 2022.

Baca juga: PPIH Embarkasi Medan siap berangkatkan 3.777 calon haji
Baca juga: Dua calon haji asal Pacitan tertunda ke Tanah Suci akibat COVID-19

Kakanwil di hadapan 124 JCH asal Kabupaten Luwu berpesan agar kembali menata niat awal yakni untuk beribadah melaksanakan salah satu rukun Islam tersebut, apalagi saat ini masih masa adaptasi setelah pandemi COVID-19.

"Di tata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah, tidak ada yang lain-lain," katanya.

Ia juga menyampaikan agar mempersiapkan diri sejak awal, menjaga kesehatan, membawa vitamin dan perbanyak minum air putih di tengah meningkatnya cuaca yang mencapai 40 derajat Celsius.

"Saya berharap bapak dan ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," ucapnya.

Baca juga: Petugas sita palu dan paku milik jamaah calon haji Lamongan

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022