Benahavis, Spanyol (ANTARA) - Kebakaran hutan di pegunungan di Spanyol selatan telah memaksa evakuasi di pusat kota Benahavis dan membuat tiga petugas pemadam kebakaran terluka, kata pihak berwenang.

Benahavis merupakan sebuah distrik yang berpenduduk 7.000 orang.

"Sedihnya, kami harus melaporkan bahwa tiga petugas pemadam kebakaran dari INFOCA menderita luka bakar dengan tingkatan yang berbeda, dan salah satu dari mereka 25 persen tubuhnya terbakar dan dievakuasi ke rumah sakit Malaga," kata pemimpin regional Andalusia Juanma Moreno kepada wartawan.

Kebakaran mulai terjadi pada Rabu sore (8/6) di lereng gunung Pujerra di Sierra Bermejain, di atas Costa del Sol, kata pihak Departemen Pemadam Kebakaran Andalusia (INFOCA) di Twitter.

Costa del Sol merupakan daerah magnet bagi turis Inggris di pantai Andalusia.

Cuaca musim panas yang terik dan angin yang tidak bersahabat memicu kobaran api, kata departemen itu dalam sebuah postingan pada Rabu malam (8/6).

Sebanyak 200 petugas pemadam kebakaran dari departemen bersama dengan 100 personel militer dan 50 petugas pemadam kebakaran dari kota-kota lainnya di daerah Costa del Sol terus berjuang memadamkan api.

Pesawat pengintai berada di atas daerah itu pada Kamis pagi.

Kebakaran hutan lainnya sebelumnya melanda pegunungan yang sama pada September 2021 hingga menghanguskan setidaknya 7.780 hektar lahan hutan dan semak-semak menjadi abu dalam beberapa hari.

Sekitar 1.000 petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh sekitar 50 pesawat bekerja untuk memadamkan api kebakaran itu.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022