Jakarta (ANTARA News) - Seorang analis Deutsche Bank mencatat penyatuan penjualan iPad dengan PC, membuat Apple sebagai vendor top dunia.

Terlebih, naiknya pamor Apple terjadi setelah peluncuran iPad pada 2010. Hal itu terlihat dengan naiknya pangsa pasar Apple, sedangkan semua pesaingnya HP, Dell, Lenovo dan Acer mulai jatuh.

Para pengamat Chris Whitmore menuliskan dalam catatannya bahwa belum ada pesaing Apple yang dapat memukul penjualan iPad.

"Pada 2011, seharusnya menjadi tahun tablet Android. Satu tahun kemudian, tablet Android gagal memenuhi harapan karena sebagian besar perangkat Android tidak laku di pasaran," tulis Whitmore dalam catatan, menurut Fortune.

"Tahun ini, tablet memiliki tekanan yang lebih kecil sebagaimana vendor tampaknya lebih fokus pada Windows 8."

"Kami tetap skeptis bahwa tablet Windows 8 mendapatkan kesempatan banyak tahun ini," tambahnya.

Whitmore menyimpulkan perpindahan sistem operasi dari Android ke Windows 8 akan memakan waktu, menciptakan latar belakang yang kompetitif dan menguntungkan untuk Apple iPad 3."

Whitmore yang menuliskan bagannya berdasarkan data IDC, bukanlah orang pertama yang menilai pasar PC akan terlihat, jika iPad masih dianggap bagian dari dirinya. Pada November, perusahaan riset pasar Canalys melakukan perhitungan yang sama.

Canalys yang tidak memberikan data untuk mendukung temuan memprediksi bahwa Apple akan mengambil alih posisi HP sebagai pembuat PC terbesar di dunia sebelum paruh kedua 2012 jika anda menyatukan segemen iPad. (adm)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012