Jakarta (ANTARA) - Bagi orang yang menggunakan media sosial untuk berbisnis, keberadaan microsite sangat membantu untuk keperluan pemasaran, apalagi jika tautannya tertera bio akun dan bisa dilihat serta diklik followers.

Microsite dapat memuat berbagai tautan ke dalam satu tautan saja. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memasukkan setiap tautan yang ingin ditambahkan ke bio instagram. Kamu cukup hanya memasukkan satu microsite yang berisi berbagai tautan.

Baca juga: Autentikasi dua langkah cara tepat lindungi keamanan data sosial media

Lalu bagaimana cara membuat microsite untuk bio Instagram? Mudah saja, kamu cukup membuatnya di situs web s.id dan memasukkan tautan yang ingin ditambahkan. Berikut langkah-langkahnya:

Kunjungi situs s.id
Buka situs web s.id yang beralamat di https://s.id/ melalui device kamu. Apabila kamu sudah mempunyai akun, kamu cukup log in. Jika belum, pada menu log in klik register here untuk memulai membuat akun.

Isi formulir dan lakukan verifikasi akun
Isi nama, email, password dan gender, lalu selesaikan captcha dan lakukan verifikasi yang dikirimkan ke alamat email kamu. Jika berhasil, kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama s.id.

Baca juga: Tips pastikan Facebook,Whatsapps & Instagram pulih usai diretas

Buat microsite
Untuk memulai membuat microsite, masuk ke akun kamu, lalu dari menu di samping, klik microsite dan klik create new. Pilih tema terlebih dahulu, lalu isi nama dan url yang paling cocok menggambarkan akun microsite-mu.

Untuk menambahkan tautan, klik add new component, pilih jenis tautan yang ingin kamu tambahkan, seperti menambahkan judul, tautan situs, foto, video atau tautan sosial media kamu.

Bagikan tautan
Pada menu microsite, di sebelah kanan microsite, silakan klik share.

Kini kamu dapat membagikan microsite kamu dengan beberapa cara, yaitu copy link, QR code ataupun share ke sosial media yang tersedia.

Buka aplikasi instagram
Setelah itu buka akun Instagrammu dan arahkan ke profil dan klik edit profil, lalu tempel/paste microsite s.id kamu di bagian website.

Tautan microsite pun telah dipasang pada bio instagrammu. Artinya, pengunjung akun instagram kamu bisa melihat dan mengakses microsite-mu.

Jika pengunjung mengklik tautan tersebut, ia akan langsung diarahkan ke halaman tautan yang telah kamu tambahkan di microsite.

Dengan microsite dari s.id, kamu bisa menambahkan berbagai macam tautan ke dalam satu tautan saja, sehingga pengunjung akan lebih mudah mencari atau menghubungi akunmu.


Baca juga: Tips promosi produk online lewat Instagram

Baca juga: Akademi Instagram bantu usahawan muda kembangkan bisnis

Baca juga: 8 Tips buat foto Instagram kece saat berwisata

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022