Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto optimistis intensitas kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Singapura dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kedua belah pihak di bidang pertahanan.

“Kami optimistis setelah implementasi kerja sama pertahanan Indonesia dan Singapura, interaksi kerja sama pertahanan akan lebih meningkat secara signifikan dan memberikan manfaat ataupun dampak lebih besar dari kerja sama yang sudah ada, terlebih pada peningkatan sumber daya manusia pertahanan kedua negara,” kata Prabowo sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut dia sampaikan saat melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Republik Singapura Ng Eng Hen di Kementerian Pertahanan Singapura, Singapura, Jumat.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo mengundang prajurit Singapura untuk belajar di Universitas Pertahanan (Unhan) RI yang telah menerima mahasiswa internasional dari 13 negara. Di antaranya, Australia, Filipina, China, Malaysia, Nigeria, dan Laos.

Baca juga: Menhan ingatkan masyarakat jaga Pancasila untuk cegah perpecahan
Baca juga: Menhan Prabowo tegaskan berkampanye harus seizin Presiden Joko Widodo
Baca juga: Menhan: Kekuatan nasional penting untuk hadapi tantangan global


Unhan pun, kata Prabowo, memiliki beberapa program studi yang bisa diambil oleh perwira Singapura, seperti Manajemen Pertahanan, Perang Asimetris, dan Diplomasi Pertahanan.

Di luar kerja sama pertahanan kedua negara yang tengah dalam ratifikasi, yaitu proses adopsi perjanjian internasional, Indonesia dan Singapura telah memiliki hubungan pertahanan yang erat sejak lama.

Lembaga pertahanan dan angkatan bersenjata kedua negara, telah bersahabat selama puluhan tahun dan terus memperdalam kerja sama untuk mengatasi tantangan keamanan regional bersama.

Keduanya pun berinteraksi secara teratur melalui latihan bilateral dan multilateral, pelatihan bersama, kunjungan tingkat tinggi, pertukaran profesional, serta kursus dan seminar.

Interaksi ini juga ditujukan untuk membangun rasa saling pengertian dan meningkatkan profesionalisme serta persahabatan antara kedua militer.

Menhan Prabowo berada di Singapura dalam rangka menghadiri dan berbicara dalam forum dunia International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 bertajuk "Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar.”

Forum ini adalah salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022