Jakarta (ANTARA News) - Skype yang dibeli Microsoft senilai  8,5 miliar dolar AS, akan bisa diintegrasikan sepenuhnya ke dalam ponsel pintar berbasis Windows Phone..

Seperti dilaporkan Telegraph, bos Windows Phone, Joe Belfiore, pernah mengatakan aplikasi pesan instan dan panggilan video akan tertanam pada Windows Phone pada akhir tahun ini. Kini, Wakil Presiden Divisi Skype di Microsoft Rick Osterloh mengatakan Skype akan tersedia "segera".

Osterloh mengatakan hal tersebut dalam wawancara pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas minggu lalu, "Skype sedang mengerjakan produk Windows Phone yang akan segera keluar".

Langkah itu termasuk kontroversi karena Windows Phone yang notabenenya dimiliki Microsoft, adalah satu-satunya sistem operasi yang kurang dimengerti penggemar Skype. Lagipula, jaringan mobile biasanya meraup banyak keuntungan dari panggilan suara.  Skype merubah panggilan suara ke dalam lalu-lintas data yang sering dianggap kurang menguntungkan dan menjadi beban pada infrastruktur jaringan.  Apple telah memperkenalkan video calling melalui layanan Facetime nya.

Osterloh juga mengatakan integrasi Microsoft Xbox dan teknologi Windows 8 akan tersedia. Microsoft sedang bekerja mengintegrasikan kontak Facebook ke antarmuka Skype. Ia mengatakan fokus utama Skype adalah membujuk pengguna untuk membayar layanan premium, bukan  pilihan gratis.

Para analis memperkirakan Microsoft mungkin saja memperkenalkan Skype untuk Windows Phone dalam Mobile World Congress pada bulan depan. Namun, integrasi yang lebih komprehensif tidak akan dirilis sampai semua sistem operasi diperbarui pada akhir tahun ini.
(adm)








Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012