Valence (ANTARA News/AFP) - Sebastien Loeb, yang sedang mengejar gelar kesembilan, menempati posisi kedua di belakang pereli Finlandia, Jari-Matti Latvala, pada permulaan Reli Monte Carlo, pada Rabu.

Latvala mengambil kendali pimpinan dengan Ford Fiestanya pada balap edisi ke-80, setelah melakukan pilihan yang tepat untuk ban pada dua etape pembuka di sekitar Valence, Prancis.

Loeb melewati Latvala pada etape khusus pertama dengan Citroennya, dan membuka keunggulan dengan selisih 22 detik.

Namun Latvala memberi perlawanan dengan ban super halusnya, dan pereli Prancis tersebut, harus kalah 52 detik di etape kedua, yang berjarak 30 km di Burzet-Saint-Martial, dengan Loeb mengamati bahwa mengenakan rantai salju pada roda depannya terbukti bukan ide yang bagus.

Latvala juga mengenakan rantai salju pada ban depannya di etape khusus kedua, namun ban yang lebih lembut membuat dirinya mampu mempertahankan posisi di 20 km terakhir.

Mantan juara dunia tujuh kali - dan lima bekas runner up - juga ambil bagian pada balap pertamanya di Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2012, setelah Monaco menghabiskan tiga tahunnya pada sirkuit Intercontinental Rally Challenge.
(H-RF/I015) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012