Denpasar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kegiatan Vespa World Days 2022 yang diikuti ribuan pecinta Vespa di The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

"Vespa World Days ini saya ucapkan selamat kepada Bali yang menjadi venue pertama di luar Eropa dan memecahkan rekor peserta," ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Kota Denpasar, Minggu.

Baca juga: Vespa World Days pererat komunitas & dorong ekonomi lokal

Ia mengatakan, pelaksanaan Vespa World Days 2022 berdampak positif pada sektor pariwisata di Pulau Dewata karena kegiatan itu juga banyak diikuti oleh para pecinta vespa dari mancanegara.

"Ada tiga hal yang mereka bawa kembali dari Bali yaitu friendship (persahabatan), brotherhood (persaudaraan) dan love (cinta)," katanya.

Baca juga: Vespa World Days diharapkan dapat bangkitkan pariwisata Bali

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, kegiatan seperti Vespa World Days 2022 itu juga diharapkan dapat menjadi pariwisata yang berkualitas di Indonesia.

"Tahun depan kita akan terus giatkan kegiatan-kegiatan internasional seperti saat ini, sehingga lebih banyak wisatawan mancanegara yang hadir," ungkapnya.

Baca juga: Atta Halilintar, Vespa klasik dan makna komunitas

Ia menambahkan, saat ini kondisi kepulihan sektor pariwisata Pulau Dewata untuk wisatawan nusantara sudah mencapai 70 persen. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara baru sekitar 30 persen.

"Ini yang saya akan genjot di akhir tahun, wisatawan nusantara balik 100 persen sebelum angka pandemi atau 2019. Dan mudah-mudahan bisa mencapai 50-70 persen untuk wisatawan mancanegara. Harapannya 1,1 juta lapangan kerja tercipta sebagai bagian daripada kepulihan ekonomi kita," ungkap Sandiaga.

Baca juga: Vespa World Days bentuk selebrasi dan kontribusi pecinta Vespa

Vespa World Days 2022 berlangsung pada 9-12 Juni 2022 yang diikuti ribuan pecinta vespa dengan menggunakan berbagai tipe vespa untuk berkeliling Bali yang menarik perhatian masyarakat serta wisatawan di Pulau Dewata.

Para peserta sebelumnya juga melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, salah satu desa terbersih di dunia dan desa yang telah dianugerahi penghargaan desa wisata berkelanjutan UNWTO.

Baca juga: Museum Vespa ajak pengunjung arungi masa dengan koleksi ikonis

Selain melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, peserta sebelumnya juga konvoi ke berbagai daya tarik wisata yang ada di wilayah setempat juga luar Bali seperti Lombok, NTB.

Rekor yang dicatat dari ajang tersebut adalah rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia dimana VWD Bali sebagai rekor Asia karena untuk pertama kalinya Vespa World Day digelar di luar Eropa. Selain itu VWD 2022 juga masuk nominasi rekor dunia sebagai acara VWD dengan peserta terbanyak.

Baca juga: Kemarin, kolaborasi Lyodra & Calum Scott hingga Vespa World Days

Managing Director PT. Piaggio Indonesia, Marco Noto Ladiega menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Kemenparekaf/Baparekraf dalam penyelenggaraan "Vespa World Days 2022". Event itu menurutnya bukan semata-mata untuk komunitas Vespa tapi untuk Indonesia.

"Event ini tidak hanya untuk brand kami, tapi untuk Indonesia. Penting bagi kita untuk mendukung Indonesia setelah periode yang berat (pandemi COVID-19) khususnya di Bali. Ini menjadi tanda untuk pertumbuhan pariwisata di Indonesia," kata Marco.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi persaudaraan yang terjalin di VWD Bali

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022