Jakarta (ANTARA) - Jumlah penjualan kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) China mencatat peningkatan pesat pada Mei 2022 di tengah upaya negara itu untuk melanjutkan kembali produksi mobil dan menstabilkan rantai pasokan, menurut data dari sebuah asosiasi industri. 

Bulan lalu, penjualan mobil penumpang NEV atau kendaraan listrik di China mencapai 360.000 unit, melonjak 91,2 persen secara tahunan (year on year), papar Asosiasi Mobil Penumpang China.

Pada basis bulanan, volume penjualan tersebut mencatat peningkatan 26,9 persen.

Dalam lima bulan pertama, penjualan NEV di China meroket 119,5 persen dari tahun lalu menjadi 1,71 juta unit.

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan penumpang China mengalami kebangkitan pada Mei dibandingkan April, dengan total 1,35 juta kendaraan penumpang terjual bulan lalu, naik 29,7 persen secara bulanan, kata asosiasi tersebut.

Seiring menurunnya kasus penularan COVID-19 dan diatasinya sejumlah gangguan logistik di negara itu, kapasitas produksi mobil China diharapkan akan sepenuhnya pulih pada Juni, kata asosiasi itu.

Asosiasi tersebut memperkirakan pertumbuhan lebih dari 10 persen secara tahunan pada produksi dan penjualan mobil bulan ini.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022