Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Asia tergelincir dan imbal hasil obligasi bergerak lebih tinggi pada perdagangan Senin sore, karena inflasi  yang panas menyalakan kembali kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga AS yang lebih agresif sementara pengujian massal baru COVID-19 di China memicu kekhawatiran penguncian yang lebih melumpuhkan.

Ekspektasi tinggi tentang kenaikan suku bunga Federal Reserve menekan yen Jepang ke level terendah lebih dari dua dekade terhadap dolar, mendorong lebih banyak kekhawatiran dari pihak berwenang tentang penurunan tajam.

Indeks ekuitas MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang merosot 2,66 persen.

Pelemahan saham diperkirakan akan meluas ke perdagangan AS dan Eropa dengan indeks berjangka menunjuk ke penurunan 1,67 persen untuk S&P 500, penurunan 1,4 persen untuk DAX Jerman dan penurunan 0,77 persen untuk FTSE Inggris.

"Ini berubah menjadi Black Monday di Asia," Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA, menulis dalam catatan klien.

"Kata-R (rate) sekarang ada di bibir semua orang 'di tengah' perebutan untuk menilai kembali ekspektasi kenaikan Fed," tulisnya.

Fokus di Asia adalah pada risiko penguncian COVID-19 baru dengan distrik Chaoyang terpadat di Beijing mengumumkan tiga putaran pengujian massal untuk memadamkan wabah COVID-19 "ganas" yang muncul di sebuah bar.

Shanghai melakukan pengujian massal untuk menahan lonjakan kasus yang terkait dengan sebuah salon rambut.

Indeks saham China CSI300 berakhir turun 1,17 persen dan indeks Hang Seng Hong Kong ditutup anjlok 3,39 persen. Indeks Nikkei Jepang juga berakhir merosot 3,01 persen dan indeks KOSPI Korea Selatan ditutup terpangkas 3,52 persen. Pasar Australia ditutup untuk liburan publik.

"Siapa pun yang mencoba mengambil bagian terbawah dalam pertumbuhan dan pasar ekuitas China atas dasar bahwa China 'satu dan selesai' pada penguncian adalah naif," kata Halley dari OANDA.

Saham-saham pertumbuhan China merosot, dengan raksasa teknologi yang tercatat di Hong Kong anjlok 4,45 persen. Saham-saham kelas barat dalam indeks Alibaba, Tencent dan Meituan masing-masing terpuruk antara 4,0 persen hingga 6,0 persen.

Di pasar mata uang, dolar naik setinggi 135,22 yen, tertinggi sejak Oktober 1998, didukung oleh kenaikan hasil obligasi pemerintah AS yang berlanjut ke perdagangan Tokyo.

Imbal hasil obligasi AS 10-tahun mencapai puncak lebih dari satu bulan 3,202 persen, menempatkannya hanya sepersepuluh basis poin dari tertinggi sejak November 2018.

Itu memberikan tekanan ke atas dari imbal hasil obligasi pemerintah Jepang, dengan imbal hasil 10-tahun terdorong ke tertinggi enam tahun 0,255 persen, setengah basis poin di atas batas toleransi bank sentral Jepang (BoJ) 0,25 persen di bawah kebijakan kontrol kurva imbal hasil. Itu bahkan di tengah tawaran tetap BoJ untuk membeli surat utang 10 tahun dalam jumlah tak terbatas sejak April.

Pelanggaran batasnya mendorong bank sentral untuk mengumumkan operasi pembelian tambahan yang tidak terjadwal.

Indeks harga konsumen (IHK) AS meningkat lebih besar dari yang diperkirakan 8,6 persen bulan lalu, kenaikan tahun-ke-tahun terbesar sejak Desember 1981, data menunjukkan pada Jumat (10/6/2022).

Itu menghancurkan harapan bahwa inflasi telah mencapai puncaknya dan sebagai gantinya membuat pasar waspada bahwa Fed dapat memperketat kebijakan terlalu lama dan menyebabkan perlambatan ekonomi yang tajam. Keputusan kebijakan berikutnya adalah pada Rabu (15/6/2022).

"Data inflasi adalah pengubah permainan yang memaksa The Fed untuk beralih ke gigi yang lebih tinggi, pengetatan kebijakan yang dimuat di depan," tulis Jefferies ahli strategi Aneta Markowska dalam sebuah catatan penelitian, mengangkat seruan untuk keputusan minggu ini untuk kenaikan 75 basis poin.

Pasar saat ini memperkirakan peluang 80 persen peningkatan setengah poin, dan peluang 20 persen ​​untuk 75 basis poin.

Imbal hasil obligasi dua tahun, yang sangat sensitif terhadap ekspektasi kebijakan, melonjak setinggi 3,194 persen di Tokyo pada Senin, yang pertama sejak Desember 2007.

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya termasuk yen, naik setinggi 104,58 untuk pertama kalinya dalam hampir sebulan.

Euro turun ke level 1,04755 dolar untuk pertama kalinya sejak 19 Mei.

Mata uang kripto terkemuka bitcoin merosot ke level terendah sejak Desember 2020 di 24.888,88 dolar AS.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022