Melbourne (ANTARA News) - Novak Djokovic dan Andy Murray maju ke babak ketiga turnamen Australia Terbuka, Kamis, saat Lleyton Hewitt diuntungkan mundurnya Andy Roddick.

Serena Williams juga dalam penampilan terbaiknya, dengan Petra Kvitova menjadi satu-satunya petenis unggulan atas yang mendapat kesulitan pada hari keempat tersebut, lapor AFP.

Hewitt mendapat langkah mudah saat Roddick mengalami masalah pada otot paha belakangnya.

"Ini mimpi buruk bagi kami berdua," kata Hewitt, yang sedang unggul dalam pertandingan malam itu 3-6, 6-3, 6-4, saat Roddick meminta berhenti.

Petenis yang pernah sekali waktu menempati peringkat satu dunia kini akan menghadapi petenis yang juga memiliki servis keras yaitu

Milos Raonic dari Kanada.

Roddick, yang berupaya terus bermain setelah cedera otot paha belakang kanannya pada set kedua, mengatakan bahwa dia kemungkinan akan tidak bermain selama tiga pekan.

Sementara itu, Djokovic dalam penampilan prima pada turnamen Grand Slam pertama tahun ini saat dia berupaya mengulangi pencapaian luar biasa dia pada musim lalu dengan tiga gelar Grand Slam di antarea 10 gelar dia, dengan mencatat 41 kemenangan pertandingan secara beruntun.

Petenis Serbia itu hanya mengeluarkan sedikit tenaga dalam kemenangannya 6-3, 6-2, 6-1 atas petenis Kolombia Santiago Giraldo, saat dia meneruskan langkah menuju kemungkinan semifinal melawan Murray, yang menjadi korbannya pada perebutan gelar tahun lalu.

"Saya mencoba untuk tidak menganggap remeh siapapun lawan pada babak-babak awal," kata Djokovic.

"Santiago awalnya memukul bola datar, tapi saya tahu bahwa cepat atau lambat, irama permainannya akan turun dan saya hanya harus bertahan di sana," katanya.

Petenis yang dua kali menjadi finalis Murray, melewati set pertama hanya 23 menit saat dia mengalahkan petenis Prancis Edouard Roger-Vasselin 6-1, 6-4, 6-4.

Pada pertandingan kelompok putri, Williams mencatat kemenangan ke-500 dia, melawan Barbora Zahlavova Strycova, untuk mempertahankan rekornya mencapai babak ketiga pada setiap turnamen Grand Slam, yang dia ikuti selain dari debutnya, di Melbourne pada 1998.

Unggulan kedua Kvitova mendapat tugas paling berat melawan petenis Spanyol Carla Suarez Navarro, namun dia dapat lolos dengan kemenangan 6-2, 2-6, 6-4.

Mantan juara Maria Sharapova mencatat dua kemenangan dengan hanya kehilangan dua game, dan juara Prancis Terbuka 2008 Ana Ivanovic juga meneruskan langkah ke babak berikutnya.

Sharapova, juara tahun 2008, mengalahkan petenis kualifikasi asal Amerika Serikat Jamie Hampton 6-0, 6-1, setelah dia menundukkan Giselo Dulko dengan skor yang sama pada babak pertama lalu. (I015/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012