Surabaya (ANTARA News) - Brigade Infantri 1 Korps Marinir TNI-AL menggelar turnamen sepak bola bertajuk "Danbrigif 1 Marinir Cup 2012" antar batalion se-Marwiltim di lapangan sepak bola markas komando satuan itu, di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.

Turnamen yang dibuka secara resmi oleh Komandan Brigif 1 Marinir, Kolonel Marinir Amir Faisol, itu diawali penyerahan piala bergilir dari pemenang 2011, Batalion Howitzer 1 Marinir, kepada Faisol.

Setelah itu, Faisol menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Panitia Turnamen Letnan Kolonel Marinir Dodi Mugia,t untuk memulai turnamen sepak bola antar-satuan/batalyon dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-49 Brigif 1 Marinir.

Turnamen sepak bola yang kedua kalinya digelar itu diikuti 21 kesebelasan dari satuan se-Marwiltim yaitu Yonif 1 Marinir, Yonzeni 1 Marinir, Denma Pasmar 1, Yontankfib 1 Marinir, Yonhow 1 Marinir, Yonmarhanlan V Surabaya, Yonprov 1 Marinir, dan Yonranratfib 1 Marinir.

Selain itu, Yonroket 1 Marinir, Yonkomlek 1 Marinir, Kima Menkav 1 Marinir, Kolatmar, Yonkesh 1 Marinir, Yonarhanud 1 Marinir, Lanmar Surabaya, Yonbekpal 1 Marinir, Yonkapa 1 Marinir, Yonif 5 Marinir, Yonangmor 1 Marinir, Yonif 3 Marinir dan Yontaifib 1 Marinir.

Menurut Mugiat, turnamen kali ini untuk babak pertama menggunakan sistem setengah kompetisi, sedangkan untuk babak kedua hingga final menggunakan sistem gugur.

"Turnamen akan berlangsung hingga 9 Februari 2012 dengan memperebutkan hadiah dan piala bergilir dari Danbrigif 1 Marinir," katanya.

Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7 juta untuk juara kedua, dan Rp5 juta untuk juara ketiga.

Sebelum partai pertama antara Yonif-1 Marinir melawan Yonzeni-1 Marinir dimainkan, acara didahului dengan pertandingan persahabatan antara Perwira Marwiltim melawan Jawa Pos Group yang dimenangkan oleh Jawa Pos dengan skor akhir 3-2.

Sebelumnya (17/1), HUT ke-49 Brigif-1 Marinir juga ditandai dengan lomba olah raga militer, seperti renang laut, menembak dan lintas medan. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012