Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib fokus mengembalikan mental pemain setelah mengalami dua kali kekalahan beruntun di "Tour Kalimantan" lawan Mitra Kukar dan Persisam Samarinda.

"Tim saat ini fokus untuk mengembalikan kondisi fisik pemain dan juga mengembalikan kepercayaan diri tim pascalaga di Kalimantan," kata Asisten Pelatih Persib Bandung, Robby Darwis di Bandung, Jumat.

Tim Maung Bandung mulai lagi latihan sejak Kamis. Seluruh pemain mengikuti lathan pertama. Selanjutnya latihan dilakukan Jumat.

Menurut Robby, kondisi beberapa pemain mengalami kelelahan sehingga harus mendapatkan materi khusus, namun secara keseluruhan kondisi para pemain cukup bagus. Tim masih memiliki waktu persiapan tiga hari ke depan sebelum menjalani partai kandang melawan PSPS (24/1) dan Persija Jakarta (29/1).

"Masih ada waktu untuk recovery, dan Persib akan melakukan evaluasi hasil pertandingan terakhir," katanya.

Sementara itu dua kekalahan beruntun melawan Mitra Kukar dan Persisam Samarinda cukup berpengaruh terhadap psykologis para pemain Maung Bandung. Terutama pasca lawan Persisam yang diwarnai pertandingan sarat emosi yang berbuah kartu merah.

Dua kekalahan itu merupakan kekalahan pertama dan kedua Maung Bandung, yang membuat Persib harus bekerja keras untuk kembali ke papan atas klasemen sementara LSI 2011-2012.

"Pengaruhnya pasti ada, namun para pemain sudah komitmen untuk melupakan partai kemarin. Kami fokus untuk pertandingan terdekat di Bandung," kata Robby Darwis.

Persib Bandung saat ini tengah mempersiapkan formasi tim, pasalnya striker Moses Sakyi dipastikan tidak bisa diturunkan akibat karti merah yang diterimanya pada pertandingan melawan Persisam.

Pelatih Drago Mamic dipastikan akan kembali menduetkan Airlangga dan Aliyudin pada pertandingan melawan PSPS Pekanbaru.

Sementara itu kapten tim Persib, Maman Abdurahman menyatakan para pemain sudah melupakan kegagalan meraih point pada tour Kalimantan tempo hari. Menurut Maman, ia dan pemain lainnya lebih fokus untuk menghadapi pertandingan terdekat.

Maman juga menyatakan tidak akan mengungkit kembali pertandingan itu.

"Lebih baik fokus ke pertandingan terdekat," kata Maman Abdurahman.
(T.S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012