Monte Carlo (ANTARA News) - Pebalap Citroen Sebastien Loeb mengawali perburuan gelar juara dunia untuk kesembilan kali secara beruntun dengan menang pada balapan pembuka musim di Reli Monte Carlo, Minggu.

Pebalap Prancis itu mengalahkan pebalap Spanyol Dani Sordo, yang memacu Mini, dengan keunggulan dua menit dan 45 detik, untuk merayakan kemenangan keenam selama karirnya dalam balapan paling glamor dalam kalender reli dunia.

"Selalu menjadi peristiwa yang luar biasa untuk mengawali musim seperti ini, khususnya di depan begitu banyak penggemar," kata Loeb, yang meraih tiga poin tambahan karena menjadi yang tercepat pada tahapan 5,16km, pada World Rally Radio.

"Poin penuh di balapan pertama itu luar biasa dan pasti ini awal sempurna. Tapi Monte Carlo adalah reli saya dan untuk balapan lainnya kita harus lihat nanti," katanya seperti dikutip Reuters.

Tampilnya Sordo adalah hasil terbaik Mini di Monte Carlo sejak pebalap asal Finlandia Rauno Aaltonen menjadi juara pada 1967.

Mantan juara dunia asal Norwegia Petter Solberg mencapai finis di posisi ketiga setelah absen lebih dari 10 tahun.

Pebalap Finlandia Mikko Hirvonen, yang menempati posisi kedua klasemen umum tahun lalu, menempati posisi keempat dalam debutnya bersama Citroen.(*)

I015/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012