Melbourne (ANTARA News) - Roger Federer mengajari petenis muda yang sedang menanjak, Bernard Tomic, sebuah pelajaran menyakitkan, Minggu, berupa kekalahan untuk petenis asal Australia itu sehingga dia mencapai perempat final Australia Terbuka.

Juara 16 kali Grand Slam asal Swiss itu memperlihatkan semua pengalamannya dalam merebut kemenangan 6-4, 6-2, 6-2 atas petenis berusia 19 tahun itu dan maju ke perempat final untuk melawan Juan Martin del Potro.

Tomic memuji petenis Swiss itu sebagai petenis hebat sepanjang masa dan mengidolakan dia saat tumbuh besar.

Federer mengambil kendali permainan setelah set pertama yang berlansung kompetitif dan hanya memerlukan waktu satu jam 44 menit untuk merebut kemenangan atas petenis muda peringkat 38 dunia.

"Saya memperkirakan dia akan bermain dengan lebih agresif, itu akan menjadi pertandingan ketat, yang memang terjadi," kata Federer seperti dikutip AFP.

Petenis legenda asal Swiss itu mematahkan servis Tomic enam kali dan kehilangan satu servisnya satu kali dalam pertandingan yang dia dominasi.

"Bagi saya ini merupakan salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya hadapi," kata Tomic.

Federer, yang sedang memburu gelar kelimanya di Australia, kini akan menghadapi unggulan 11 asal Argentina del Potro yang pernah mengalahkannya pada final AS Terbuka 2009.(*)

I015/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012