Batam (ANTARA) - Pemerintah Indonesia berkomitmen agar gelaran G20 dapat menghasilkan pencapaian pada sektor prioritas, di antaranya arsitektur kesehatan global.

"Sejak awal, Indonesia berkomitmen kuat agar G20 dapat menghasilkan pencapaian nyata di tiga sektor prioritas, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi," kata Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dalam Indonesia-Singapore Business Forum sebagaimana keterangan KBRI yang diterima di Batam, Selasa malam.

Terkait prioritas tersebut, Indonesia dan Singapura memiliki cukup modal untuk dapat mendukung pencapaiannya melalui berbagai kolaborasi dan kerja sama.

Baca juga: Dubes RI untuk Singapura dorong kerja sama sukseskan keketuaan G20

Menlu Retno menyampaikan bahwa di tengah upaya pemulihan saat ini, dunia menghadapi berbagai tantangan antara lain konflik di Ukraina, penurunan tingkat pertumbuhan global, masalah kemiskinan, masalah energi, dan pasokan pangan. G-20 diharapkan dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno juga mengapresiasi berbagai dukungan Pemerintah Singapura terhadap ketetuaan G-20 Indonesia 2022

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo mendorong berbagai pihak saling bekerja sama guna menyukseskan keketuaan G20 Indonesia tahun 2022.

Baca juga: G20 susun kebijakan pendukung dorong investasi berkelanjutan

Ia mengatakan promosi G20 Indonesia di Singapura penting dilakukan karena negara itu merupakan hub dengan berbagai perusahaan global memiliki kantor perwakilan di Singapura.

Indonesia-Singapore Business Forum diselenggarakan KBRI di Singapura bersama dengan KADIN dengan tujuan untuk tidak hanya mengajak para pelaku usaha untuk berinvestasi di Indonesia, tetapi juga untuk mempromosikan keketuaan G-20 Indonesia 2022.

Kegiatan dihadiri oleh sekitar 350 peserta berasal dari Indonesia dan Singapura dan menghadirkan berbagai pembicara yang terbagi dalam delapan sesi antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Tenaga Kerja Singapura Tan See Leng, Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung, Ketua KADIN Arsjad Rasjid, dan Ketua B20 Indonesia 2022 Shinta Kamdani.

Baca juga: Indonesia dorong platform pembelajaran rehabilitasi mangrove di G20

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022