New York (ANTARA News) - Saham Amerika Serikat menyerahkan keuntungan moderat pada Senin (Selasa pagi WIB) menjadi mengakhiri sesi dengan datar, karena investor fokus pada bergulatan Yunani untuk memenangkan pengurangan utang dari pemegang obligasi swasta.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 11,66 poin (0,09 persen) menjadi ditutup sedikit lebih rendah di 12.708,82, mengakhiri kenaikan beruntun selama empat sesi, lapor AFP.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq merosot 2,53 poin (0,09 persen) menjadi 2.784,17, sementara indeks berbasis luas S&P 500 naik tipis 0,62 poin (0,05 persen) menjadi 1.316,00.

"Pembicaraan lanjutan antara pemerintah Yunani dan pemegang obligasi negara tidak membuat kemajuan apapun, dan pengenaan embargo pada minyak Iran dan sanksi lainnya telah disetujui oleh Uni Eropa," kata Paulus Ausick di 24/7WallSt.com.

Saham keuangan berbalik bervariasi setelah kenaikan yang kuat. Bank of America adalah saham dengan kenaikan terkuat dalam kelompok 30 saham Dow, melompat 2,6 persen. Namun Citigroup naik tipis hanya 0,7 persen dan Goldman Sachs turun 0,5 persen.

Tidak ada data ekonomi utama yang rilis pada kalender Senin dan Selasa. Federal Reserve membuka pertemuan dua hari kebijakan pada Selasa, diikuti malamnya itu pidato kenegaraan Presiden Barack Obama kepada Kongres, yang diharapkan fokus pada ekonomi.

Sebuah perombakan di jajaran puncak Research in Motion, pembuat BlackBerry di Kanada yang sedang kesulitan, meninggalkan investor dingin.

Ketua eksekutif bersama RIM, Mike Lazaridis dan Jim Balsillie pada Minggu mengumumkan pengunduran diri mereka setelah perusahaan terus kehilangan pangsa pasar oleh iPhone Apple dan dan handset yang didukung oleh perangkat lunak Google Android.

Direktur Operasi Thorsten Heins diangkat sebagai presiden dan CEO. Saham RIM jatuh 8,5 persen di Nasdaq menjadi 15,56 dolar AS.

Saham Apache bertambah 1,6 persen menjadi 98,38 dolar. Perusahaan minyak dan gas alam itu mengatakan akan membeli aset energi yang dipegang swasta di Oklahoma dan Texas dalam sebuah transaksi tunai dan saham senilai 2,85 miliar dolar AS dengan Cordillera Energy Partners III.

CEO G. Steven Farris mengatakan bahwa mengingat harga gas alam lemah, minyak jadi pendorong, bukan gas.

Rival perusahaan Chesapeake Energy melonjak 6,3 persen menjadi 22,28 dolar AS setelah mengumumkan pihaknya mengurangi kembali produksi gas di tengah melimpahnya persediaan yang mengikis harga.

Obligasi melemah pada Senin. Imbal hasil pada Treasury 10-tahun naik menjadi 2,07 persen dari 2,03 persen pada Jumat, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,17 dari 3,10 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah berlawanan. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012