mengingatkan calon haji minum air putih yang banyak guna menghindari dehidrasi
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur mengatakan penyakit hipertensi dan diabetes melitus paling dominan diderita calon haji dari daerah itu yang berangkat ke tanah suci pada 2022.

"Kebanyakan calon haji Aceh Timur menderita diabetes melitus dan hipertensi. Ada juga juga kolesterol serta rematik,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur Yusniar di Aceh Timur, Rabu.

Meskipun memiliki riwayat penyakit tersebut, kata Yusniar, namun calon haji tersebut diberangkatkan ke Tanah Suci dengan dibekali obat-obatan dan pengawasan kesehatan oleh dokter kloter.

Baca juga: Satu jamaah calon haji Aceh meninggal dalam penerbangan ke Tanah Suci
Baca juga: 393 calon haji Aceh kloter pertama diterbangkan ke Tanah Suci

Yusniar mengingatkan calon haji yang memiliki riwayat penyakit untuk menjaga pola makan serta istirahat mencukupi sehingga fisik tetap terjaga dan bisa menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

"Kami juga mengingatkan calon haji minum air putih yang banyak guna menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan. Apalagi suhu di Tanah Suci termasuk tinggi," kata Yusniar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Salamina mengatakan calon haji asal kabupaten itu yang diberangkatkan ke Arab Saudi, sebanyak 104 orang.

"Mereka berangkat melalui Embarkasi Banda Aceh dan diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Mereka diberangkatkan dari Aceh Timur Rabu (15/6) dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Jumat (17/6)," kata Salamina.

Baca juga: Gubernur ingatkan jamaah Aceh jaga kesehatan agar ibadah haji lancar

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022