Untuk hari ini IHSG berpotensi bergerak variatif, namun berpotensi berakhir di zona hijau. Sentimen positif akhirnya datang dari hasil rapat The Fed
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pagi dibuka menguat, mengikuti kenaikan bursa saham global merespons keputusan bank sentral AS, Federal Reserve (Fed) yang menaikkan suku bunga.

IHSG dibuka menguat 56,03 poin atau 0,8 persen ke posisi 7.063,08. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 11,04 poin atau 1,09 persen ke posisi 1.025,16.

"Untuk hari ini IHSG berpotensi bergerak variatif, namun berpotensi berakhir di zona hijau. Sentimen positif akhirnya datang dari hasil rapat The Fed," tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

The Fed memang memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) dan tentu saja hal itu berdampak negatif bagi pasar.

Baca juga: Bank sentral AS naikkan suku bunga 75 bps di tengah kejutan inflasi

Namun yang perlu diperhatikan adalah pernyataan pemimpin The Fed yang mengatakan bahwa kenaikan 75 bps merupakan kenaikan yang tidak biasa. Hal tersebut mengindikasikan kenaikan suku bunga lebih dari 75 bps sangat kecil peluangnya

Bursa saham AS berhasil bergerak menguat tadi malam. Pasar merespons positif hasil rapat The Fed. Bank sentral memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps), sesuai dengan ekspektasi pasar.

Namun pasar mendapatkan sentimen positif dari pernyataan pemimpin The Fed Jerome Powell dalam konferensi pers. Powell menyatakan bahwa kenaikan suku bunga sebesar 75 bps merupakan kenaikan yang tidak biasa. Hal itu mengindikasikan bahwa kenaikan 75 bps sudah maksimum.

Baca juga: Wall Street reli ditutup naik, Indeks Nasdaq melonjak 270,81 poin

Sementara bursa Eropa bergerak menguat kemarin. Pasar menantikan hasil rapat dari beberapa bank sentral di beberapa negara.

Selain itu Bank Sentral Eropa (ECB) mengadakan pertemuan dadakan kemarin untuk membahas kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah di beberapa negara Uni Eropa.

Sedangkan dari bursa Asia mengalami kenaikan kemarin setelah rilis data industrial output China naik 0,7 persen (yoy) pada Mei, lebih baik dibandingkan estimasi yakni penurunan sebesar 0,7 persen (yoy).

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei menguat 494,78 poin atau 1,88 persen ke 26.820,94, Indeks Hang Seng turun 88,57 poin atau 0,42 persen ke 21.219,64, dan Indeks Straits Times meningkat 28,37 poin atau 0,91 persen ke 3.134,22.

Baca juga: Saham Inggris berbalik positif, Indeks FTSE 100 menguat 1,20 persen


 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022