Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan ruang khusus untuk pelayanan tes usap PCR COVID-19 bagi calon haji asal Kota Mataram pada musim haji tahun 2022.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram Hj Eka Nurhayati di Mataram, Kamis, mengatakan layanan tes usap PCR calon haji telah disiapkan di lantai lima agar tidak bercampur dengan pasien lain.

"Untuk jadwal pelaksanaan tes PCR kita jadwalkan mulai Jumat, 17 Juni 2022, tapi untuk kepastiannya kita tunggu informasi dari Kementerian Agama (Kemenag) lagi," katanya.

Baca juga: Kemenag siapkan tiga rumah sakit untuk PCR calon haji Mataram

Data dari Kemenag Mataram menyebutkan layanan tes usap PCR di RSUD Kota Mataram khusus untuk jamaah calon haji asal Kecamatan Mataram, Selaparang, Cakranegara, dan Sandubaya.

Sedangkan untuk jamaah calon haji dari Kecamatan Ampenan dilayani di Rumah Sakit Bhayangkara dan jamaah calon haji dari Kecamatan Sekarbela di Rumah Sakit Unram.

Ia mengatakan, meskipun RSUD Kota Mataram diberikan sasaran lebih banyak, pihaknya optimistis bisa tertangani secara maksimal, sebab RSUD Mataram memiliki puluhan petugas tes usap, stik untuk pengambilan sampel yang mencukupi serta peralatan lainnya.

"Untuk hasil tes usap PCR, kami usahakan sebelum jamaah masuk Asrama Haji pada tanggal 19 Juni 2022," katanya.

Baca juga: JCH NTB masuk Asrama Haji Kota Mataram 19 Juni 2022

Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram H Muhammad Amin sebelumnya mengatakan, layanan tes usap PCR COVID-19 akan dilaksanakan serentak kepada 389 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pada Sabtu, 18 Juni 2022, sesuai dengan ketentuan hasil tes usap PCR terhitung H-3 keberangkatan.

Sementara sesuai jadwal, jamaah Kota Mataram menjadi jamaah kloter pertama Embarkasi Lombok, akan masuk asrama haji pada tanggal 19 Juni 2022, dan diberangkatkan ke Mekkah pada tanggal 20 Juni 2022.

"Jadi semua jamaah pada Sabtu akan tes PCR, dan layanan ini kita berikan secara gratis," katanya.

Sisanya 5 orang calon haji masuk pada kloter lima yang merupakan kloter campuran dengan jamaah dari Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.

Baca juga: Jamaah haji disediakan layanan hotel standar bintang lima di Mekkah

"Lima calon haji kita yang ada di kloter campuran akan masuk asrama pada tanggal 24 Juni 2022, dan berangkat ke Mekkah tanggal 25 Juni 2022. Untuk jamaah di kloter campuran ini PCR-nya belakangan," katanya.
 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022