gelar kehormatan ini bentuk apresiasi ... terhadap kinerja dan prestasi Irjen Pol. Teddy Minahasa
Padang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Polisi Teddy Minahasa Putra beserta istri Merthy dianugerahi gelar kehormatan adat dari Tampuak Tangkai Alam Minangkabau di Desa Pariangan Nagari Tuo, Tanah Datar, Kamis (16/6).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Satake Bayu Setianto di Padang, Kamis, mengatakan Irjen Pol. Teddy Minahasa diberi gelar kehormatan adat "Tuangku Bandaro Alam Sati", sementara untuk istrinya adalah "Puti Sibadayu".

Pemberian gelar adat tersebut sesuai dengan Keputusan Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, Nomor 146/SK-TTAM/2022 yang ditandatangani oleh Jufrizal, SE Angku DT. Bandaro Kayo.

“Pemberian gelar kehormatan ini sebagai bentuk apresiasi dari Luhak Nan Tuo dan dukungan dari masyarakat Sumbar terhadap kinerja dan prestasi Irjen Pol. Teddy Minahasa yang menjabat sebagai Kapolda Sumbar,” kata dia.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat Fauzi Bahar DT Nan Sati mengatakan pemberian penghargaan ini karena Kapolda Sumbar dinilai berhasil menyelamatkan anak kemenakan di Sumatera Barat dengan vaksinasi.

"Saya sampaikan kepada masyarakat, kami dari LKAAM sebagai ninik mamak, kami menjaga anak kemenakan kami. Dan itulah yang dilakukan oleh Kapolda," kata dia

Kemudian Irjen Pol. Teddy Minahasa berhasil menindak tegas pelindung (backing) praktik prostitusi dengan berani menghukum anak buahnya.

“Kalau bisa hal ini ditiru oleh satuan lainnya," kata dia

Kapolda Sumbar juga dinilai serius melaksanakan keadilan restoratif dengan melibatkan tokoh adat dalam penindakan perkara tindak pidana ringan dengan musyawarah dan mufakat bersama ninik mamak.

"Mudah-mudahan ini menjadi proyek percontohan secara nasional, dimulai dari Minangkabau ini. Perkara ini tidak harus sampai ke pengadilan dan cukup sampai di tingkat bawah (ninik mamak)," kata dia.

Irjen Pol. Teddy Minahasa dan istri mengenakan pakaian adat Minangkabau dan secara resmi mendapatkan gelar kehormatan adat oleh Tampuak Tangkai Alam Minangkabau di Desa Pariangan Nagari Tuo, Tanah Datar.

Pelewaan gelar adat ini dihadiri oleh Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar DT Nan Sati, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Pejabat Utama Polda Sumbar, Ketua Adat di Pariangan, tokoh adat, serta ninik mamak dan bundo kanduang.

Baca juga: Kapolda: Semua anggota NII Sumbar sudah cabut baiat
Baca juga: MUI: Langkah tegas Kapolda Sumbar jawab keresahan umat

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022