San Francisco  (ANTARA News) - Apple melampaui perkiraan pendapatannya dengan menangguk laba bersih dan pendapatan besar pada kuartal pertama sejak meninggalnya sang pendiri perusahaan itu, Steve Jobs.  Prestasi ini disokong oleh penjualan iPhone terbaru.

Apple menyebutkan laba bersihnya naik lebih dari dua kali lipat pada kuartal pertama tahun fiskal  2012 untuk mencetak rekor 13,06 miliar dolar AS, sedagkan pendapatan merangsek ke posisi tertinggi sepanjang sejarah perusahaan itu di level 46,33 miliar dolar AS.  Tahun lalu Apple mencetak pendapatan 26,74 miliar dolar AS.

Sepanjang kuartal terakhir tahun lalu Apple telah menjual 37,04 juta iPhones, naik 128 persen dari tahun sebelumnya.  Apple juga berhasil menjual 15,43 juta iPad atau 111 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2010.

Produsen komputer yang bermarkas di California ini juga telah menjual 5,2 juta komputer Macintosh atau naik 26 persen, dan 15,4 juta iPod atau turun 21 persen dari performa tahun lalu.

"Kami senang dengan pencapaian mengensankan kami dan penjualan iPhone, iPad dan Macs yang menciptakan rekor ini," kata kepala eksekutif Apple Tim Cook seperti dikutip AFP. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012