Kediri (ANTARA News) - Sedikitnya empat bangunan rusak dan roboh di Desa Petok, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akibat angin kencang yang melanda.

Sultoni, salah seorang perangkat, Rabu mengemukakan empat bangunan yang rusak itu adalah gedung serbaguna di kantor desa, sebuah toko milik Sugik, serta dua rumah warga yaitu Wiji (75) dan Kepala Desa Petok, Ahmad Makrufin.

"Angin kencang sudah sejak tadi malam berembus. Rumah warga ada yang roboh, seperti rumah pak kepala desa bagian dapurnya, dan kalau yang gedung serbaguna ini tadi pagi," katanya.

Ia mengatakan, gedung serbaguna itu ambruk sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, sejumlah warga dan perangkat juga sudah ada di kantor. Namun, saat kejadian tidak ada aktivitas di sekitar lokasi gedung, hingga tidak ada yang terluka.

"Angin kencang datang, dan bangunan di sebelah utara gedung itu ambruk. Namun, tidak ada yang terluka," katanya mengungkapkan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai tingginya gelombang dan angin kencang di utara maupun selatan Jawa Timur dalam beberapa hari ke depan.

Pada Perairan Laut Jawa utara Jawa Timur (Jatim) tinggi gelombang berkisar 0,8 - 3,5 meter, sedangkan di selatan Jatim antara 1,5 - 5 meter. Kecepatan angin di Laut Jawa sekitar 55 kilometer per jam sedangkan di selatan Jatim lebih tinggi, yakni 65 kilometer per jam.





Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012