Beijing (ANTARA) - Dua tim kerja dikerahkan ke Guangdong dan Guangxi di China selatan untuk membantu upaya pengendalian banjir setempat, demikian disampaikan Kementerian Manajemen Darurat China pada Rabu (15/6).

Mulai Rabu hingga Jumat (17/6), hujan lebat diperkirakan akan melanda Provinsi Guangdong, Provinsi Fujian, dan Provinsi Jiangxi, serta Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, menurut otoritas meteorologi negara tersebut.

Pada pekan mendatang, hujan lebat akan mengguyur sejumlah daerah di wilayah selatan China, seperti disampaikan dalam pertemuan yang diadakan oleh Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Penanggulangan Kekeringan Negara bersama Kementerian Manajemen Darurat China.

Banjir besar terjadi di cekungan Sungai Mutiara di China selatan, yang menyebabkan berbagai bencana geologi kerap terjadi, menurut pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan itu juga diserukan perbaikan mekanisme tanggap darurat dan penerapan penuh langkah-langkah penyelamatan darurat.

Pada Rabu, Komisi Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Manajemen Darurat China bersama-sama memberlakukan tanggap darurat banjir Level 4 di Provinsi Fujian dan Jiangxi, serta mengirim kelompok kerja untuk memandu pekerjaan penanggulangan bencana setempat.

China memiliki sistem tanggap darurat pengendalian banjir empat tingkat, dengan Level 1 sebagai yang terparah.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022