Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan cuaca di seluruh perairan daerah tersebut berpotensi hujan lebat disertai petir dan guntur.

"Prakiraan cuaca Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berlaku selama 24 jam mulai Kamis (26/1) pukul 07.00 WIB," kata Koordinator Unit Analisa pada Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Slamet Supriyadi di Pangkalpinang, Rabu malam.

Ia menjelaskan, prakiraan tinggi gelombang di perairan Selat Bangka rata-rata berkisar 1,0 hingga 2,5 meter, kecepatan angin dari barat hingga utara mencapai 10 hingga 35 km per jam dan tinggi gelombang Selat Karimata rata-rata berkisar 1,0 hingga 3,5 meter, arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 11 hingga 41 km per jam.

Selanjutnya, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian utara rata-rata berkisar 1,0 hingga 3,0 meter, dengan arah kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 13 hingga 40 km per jam dan tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa rata-rata berkisar 1,0 hingga 3,0 meter, arah kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 13 hingga 37 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian selatan rata-rata berkisar 1,0 hingga 2,5 meter, arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 11 hingga 35 km per jam.

"Adanya awan gelap atau Cumulonimbus dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang di peraairan di daerah itu," ujarnya.

Ia mengatakan, prakiraan cuaca di daratan Pulau Bangka berawan berpeluang hujan ringan/sedang disertai petir dan guntur, dengan arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 8 sampai 25 km per jam, suhu udara 23 sampai 30 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 60 sampai 95 persen.

Demikian juga, prakiraan cuaca di daratan Pulau Belitung berawan berpeluang hujan ringan/sedang disertai petir dan guntur, dengan arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 10 sampai 34 km per jam, suhu udara berkisar 22 sampai 30 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 70 sampai 96 persen.

Ia juga menambahkan, prakiraan tinggi pasang air laut maksimun di perairan Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,27 meter, tinggi pasang air laut di perairan Belinyu Kabupaten Bangka berkisar 1,85 meter, perairan Sungailiat Kabupaten Bangka 2,51 meter dan perairan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung 1,63 meter.

"Prakiraan tinggi pasang air laut maksimun di perairan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, berkisar 1,98 meter, perairan Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,84 meter, perairan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,65 meter," demikian Slamet.  (WRA/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012