Hari ini Jumat diimbau jamaah yang akan melaksanakan shalat Jumat agar lebih dini menuju Masjdil Haram mengingat jamaah beberapa negara lain sudah memasuki Kota Mekkah
Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) Republik Indonesia (RI) diimbau lebih awal ke Masjidil Haram untuk melaksanakan shalat Jumat agar menghindari kepadatan di kawasan tersebut.

"Hari ini Jumat diimbau jamaah yang akan melaksanakan shalat Jumat agar lebih dini menuju Masjdil Haram mengingat jamaah beberapa negara lain sudah memasuki Kota Mekkah," kata Kepala Seksi Transportasi Daerah kerja (Daker) Mekkah Asep Subhana di Mekkah, Jumat (17/6) 2022.

Namun ia mengatakan jamaah tidak perlu khawatir karena telah disiapkan masing-masing 29 bus shalawat di setiap rute yang dilalui.

Jamaah yang akan shalat Jumat perdana di Mekkah juga diimbau agar menaiki bus di masing-masing halte satu atau dua jam sebelum adzan.

Begitu juga setelah selesai shalat Jumat, jamaah diimbau tidak tergesa-gesa meninggalkan Masjidil Haram menuju terminal mengingat cuaca panas Mekkah di siang hari rata-rata mencapai 40-45 derajat Celsius.

Sementara itu terminal di sekitar Masjidil Haram tidak dilengkapi dengan halte yang tertutup. Jamaah hanya menunggu di ruang terbuka tanpa atap dan langsung terkena sengatan matahari.

"Imbauan kami dari seksi transportasi agar jamaah berdiam sejenak di Masjidil Haram satu sampai 1,5 jam baru menuju terminal agar terminal lengang lalu diangkut ke hotel masing-masing," kata Asep Subhana.

Bus shalawat akan melayani jamaah gratis selama 24 jam dengan lima rute yaitu pertama, Mahbas Jin - Bab Ali disiapkan sebanyak 16 bus untuk melayani 19.288 yang tersebar di enam hotel di wilayah Mahbas Jin. Ada tiga halte pemberhentian yang telah disiapkan.

Kedua, rute Syisyah - Syib Amir. Ada 29 bus yang disiapkan untuk melayani 11.428 jemaah yang tinggal di sembilan hotel wilayah Syisyah. Di sini disiapkan tiga halte pemberhentian.

Ketiga, rute Raudhah - Syieb Amir. Total ada 53 bus untuk 21.015 jemaah yang tinggal di enam hotel wilayah Raudhah, dengan lima halte pemberhentian.

Keempat, rute Jarwal - Syieb Amir. Rute ini akan melayani 24.904 jemaah yang tinggal di dua hotel wilayah Jarwal. Total ada 62 bus dengan dua halte.

Kelima, rute Misfalah - Jiad. Rute ini melayani 17.550 jemaah. Mereka tinggal di 13 hotel wilayah Misfalah dengan tujuh halte pemberhentian.

Baca juga: Puncak haji 2022 tepat hari Jumat berpotensi haji akbar

Baca juga: Jumat, 2.776 calon haji Indonesia bergerak dari Madinah ke Mekkah

Baca juga: Laporan dari Mekkah - Jumatan di Masjidil Haram

Baca juga: Jamaah shalat Jumat di bawah cuaca panas ekstrim Masjidil Haram

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022