Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional menggelar penjurian tahap dua program Good Design Indonesia (GDI), sebagai upaya untuk mendongkrak pasar ekspor.

“GDI bukan sekadar ajang penghargaan semata yang diberikan kepada desainer dan pelaku usaha. GDI diharapkan dapat mendorong kemajuan perekonomian, melalui pengembangan sektor perdagangan terutama ekspansi pasar ekspor,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Program Good Design Indonesia (GDI) yang digelar sejak tahun 2017. Pada program GDI tahun ini, sebanyak 62 produk kini memasuki tahap penjurian ke-2 yang berlangsung selama dua hari yaitu pada 16—17 Juni 2022, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi fisik produk/karya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Nasional Miftah Farid menyampaikan tim juri akan memilih dari 62 produk yang dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut pasar ekspornya.

“Produk-produk pemenang GDI perlu diseleksi secara cermat untuk memenuhi kebutuhan konsumen global saat ini. Hal ini sesuai dengan tema besar GDI yaitu ‘Gateway Towards Global Markets’,” ungkap Miftah.

Menurut Miftah, nantinya akan terpilih produk-produk yang layak dianugerahkan penghargaan GDI 2022 dalam tiga predikat, yaitu Good Design, GDI Best, dan GDI of The Year.

Baca juga: Mendag: Ajang Good Design Indonesia buka peluang menuju pasar ekspor

‘Good Design’ adalah predikat bagi produk-produk yang telah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan juri. ‘GDI Best’ disandangkan bagi produk-produk dengan kualifikasi excellent yang dinilai kreatif, bernilai komersial di pasar global, serta berdampak positif terhadap lingkungan dan komunitas lokal.

Pemenang GDI Best diharapkan dapat mewakili dari seluruh 17 kategori GDI 2022, antara lain accessories & wearable (aksesori yang bisa dipakai seperti kacamata, jam, dan dompet); wellness & massage items (barang kesehatan seperti produk relaksasi, alat fitnes, dan alat mandi); stationery & hobby (alat tulis dan hobi seperti peralatan tulis, alat gambar, dan buku catatan); serta household goods (perlengkapan rumah tangga seperti barang keperluan dapur, perlengkapan tidur, dan perlengkapan darurat/emergency kit).

Sedangkan GDI of The Year yang merupakan gelar tertinggi dianugerahkan kepada salah satu produk penerima GDI Best yang telah dikurasi lebih lanjut.

Miftah menjelaskan, produk pemenang GDI nantinya akan diberikan logo GDI.

“Selain sebagai tanda penghargaan, logo GDI juga berfungsi sebagai simbol jaminan kualitas produk terbaik berstandar global, sehingga mempermudah terbukanya akses pasar bagi produk-produk Indonesia ke mancanegara,” jelas Miftah.

Miftah menegaskan, Kemendag akan terus mendorong berbagai upaya promosi agar produk- produk pemenang GDI mendapatkan peluang pasar baru di pasar ekspor.

“Terpilihnya para pemenang GDI 2022 yang ditetapkan oleh tim juri diharapkan dapat menjadi peluru-peluru baru untuk semakin memperkuat posisi Indonesia di peta perdagangan internasional,” tutur Miftah.

Produk pemenang GDI pada tahun-tahun sebelumnya, telah dipromosikan ke sejumlah negara melalui berbagai ajang promosi seperti World Expo Dubai di United Arab Emirates, Tokyo Gift Show di Jepang, Good Design Exhibition di Singapura, serta dipromosikan pada marketplace Rakuten.

Baca juga: Jaga momentum ekspor, Kemendag gelar Good Design Indonesia ke-6

Dewan pengarah GDI 2022 diketuai Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi, dengan anggota Chief Executive Officer PT Gambaran Kasih Indonesia, F.X. Ceasefiarto Soebiantoro; Direktur PT Han Awal & Partners Architects, Gregorius Antar Awal; serta Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag, Miftah Farid.

Sedangkan Tim Juri GDI 2022 diketuai Direktur DNB Design Work, Pradipto Sugondo.

Adapun anggota Tim Juri GDI 2022 terdiri atas Ketua Komite Tetap Eropa KADIN, Catharina Widjaja; Sekretaris Jenderal Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia, Fitrio Bowo Leksono; Direktur PT Harimau Design Indonesia, Harry Maulana; President Indonesia Council for Small Business, Jacob Silas Mussry; Sekretaris Himpunan Desainer Interior Indonesia Mira Prihatini; dan Creative Director PT Bayu Kreasi Global Paramandu Suwastomo.

Kemudian, Editorial Director PT Prana Dinamika Sejahtera, Petty S. Fatimah; Digital Business Consultant Upnormal Pingfans, Tuhu Nugraha Dewanto; Arsitek dan Co-founder M Bloc Space, Yacobus Gatot S; serta perwakilan juri Good Design Award - Jepang, Makiko Tsumura.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022